Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Hari Ini, Penerbangan Garuda ke Bali Pakai Pesawat Badan Lebar

Kompas.com - 22/03/2021, 09:34 WIB
Muhammad Choirul Anwar

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Penerbangan Garuda Indonesia dari Jakarta ke Bali, tepatnya rute Jakarta-Denpasar-Jakarta, bakal menggunakan pesawat berbadan lebar (wide body) mulai Senin (22/3/20), hari ini.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra menjelaskan alasan di balik kebijakan ini.

Ia bilang, pengoperasian pesawat berbadan lebar (wide body) pada rute itu merupakan upaya Garuda Indonesia untuk terus memaksimalkan aksesibilitas masyarakat pada sektor penerbangan.

Dikatakannya, Jakarta - Denpasar - Jakarta yang merupakan salah satu rute penerbangan dengan trafik frekuensi penerbangan tertinggi di Indonesia.

Baca juga: Profil Fuad Rizal: Bos Konsorsium Pelabuhan Patimban, Eks Dirkeu dan Plt Dirut Garuda

Selain Itu, langkah tersebut juga merupakan bagian dari upaya strategis perusahaan dalam memperkuat segmen pasar penerbangan Garuda Indonesia ke Bali yang merupakan salah satu pintu gerbang pariwisata nasional.

"Langkah optimalisasi isian penumpang tersebut tentunya senantiasa kami selaraskan dengan komitmen penerapan physical distancing selama penerbangan yang menjadi fokus utama value layanan penerbangan Garuda Indonesia di masa adaptasi kebiasaan baru ini," kata Irfan, dikutip dari keterangan resmi, Senin (22/3/2021).

Garuda bakal memakai sejumlah seri pesawat wide body. Tak hanya dari pabrikan Airbus, tetapi juga Boeing.

Baca juga: Garuda Indonesia Buka Rute Penerbangan Khusus Kargo dari Surabaya ke Hongkong

Beberapa di antaranya adalah B777 - 300 ER berkapasitas 314 penumpang (triple class) dan 393 penumpang (dual class) dari pabrikan Boeing.

Sedangkan Airbus, ada A330-200 berkapasitas 222 penumpang, A330-300 berkapasitas 287 penumpang serta A 330-900 Neo dengan kapasitas 301 penumpang.

Adapun sebelumnya, rute penerbangan Jakarta - Denpasar - Jakarta sebagian besar dilayani dengan armada B737-800 NG dengan kapasitas 162 penumpang pada setiap penerbangannya.

"Kami tentunya berharap melalui pengoperasian pesawat wide body ini dapat menjadi nilai tambah tersendiri terhadap seluruh penumpang dalam upaya Garuda Indonesia menghadirkan layanan penerbangan yang aman dan nyaman dengan senantiasa mengedepankan layanan penerbangan yang konsisten dalam menerapkan protokol kesehatan pada seluruh lini operasionalnya," tandas Irfan.

Baca juga: Garuda Indonesia Gratiskan Biaya Rapid Test Antigen bagi Penumpang Rute Domestik

Adapun saat ini Garuda Indonesia melayani sekitar 56 kali penerbangan untuk rute Jakarta - Denpasar PP setiap minggunya dari total 104 penerbangan yang dilayani Garuda Indonesia dari dan menuju Bandara Internasional Ngurah Rai, Denpasar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com