Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[KURASI KOMPASIANA] Etika Bersepeda di Jerman | Jalur Sepeda Versus Halte Bus | Bersepeda Tanpa Etika di Jalan Raya

Kompas.com - 22/03/2021, 10:58 WIB
Harry Rhamdhani

Penulis

KOMPASIANA---Kini bersepeda bukan lagi aktivitas yang hanya dilakukan pada akhir pekan, tetapi sudah dimanfaatkan sebagai alat transportasi.

Oleh karena itu, sudah tidak heran jika sudah banyak pesepada di jalan raya. Sekarang, untuk menuju ke suatu tempat, sepeda sudah jadi pilihan alternatif.

Namun, sayangnya, tidak sedikit dari mereka yang bersepeda di jalan raya itu masih mengabaikan aturan: dari keamanan ketika bersepeda hingga melanggar aturan di jalan raya.

Mungkin ada yang belum tahu, tapi keselamat bersepeda mestinya tetaplah yang utama. Apalagi jika sudah di jalan raya, kita juga mesti memahami ada kendaraan lain di jalan yang sama, misalnya.

Kami akan coba rangkum apa saja yang mesti diperhatikan pesepeda agar tetap aman ketika sudah gowes di jalan raya.

1. Belajar dari Etika Bersepeda di Jerman

Ada yang membuat Kompasianer Inosensius senang ketika bersepeda sudah menjadi bagian keseharian orang-orang. Sama seperti di Jerman tempatnya kini tinggal.

Apalagi jika kita bersepeda di Jerman, itu tidak bisa dipisahkan dari tata kota. Maksudnya, kepentingan bagi orang yang suka bersepeda itu sudah masuk dalam kerangka konsep perancang bangunan itu sejak awal.

Membangun jalan di kota, tulis Kompasianer Inosensius, bagi mereka sama dengan membangun jalur-jalur realistis sesuai kebutuhan masyarakat.

Ada 4 jalur yang selalu ada dan bisa ditemukan di lingkaran kota.

"Bahkan dituliskan dengan jelas mana jalur sepeda dan mana trotoar untuk pejalan kaki. Tidak jarang pula, orang menemukan jalur sepeda itu dibuat berwarna," lanjutnya. (Baca selengkapnya)

2. Jalur Sepeda Versus Halte Bus

Belum lama ini Pemerintah Pemprov DKI Jakarta memberlakukan uji coba jalur khusus sepeda di sepanjang Jalan Thamrin-Sudirman.

Kompasianer Widi Kurniawan menilai tentu harapannya agar pesepeda bisa lebih aman dan meminimalisir resiko kontak fisik dengan kendaraan bermotor.

Apalagi dengan adanya fasilitas ini diharapkan dapat memancing para pekerja ibu kota untuk menggunakan sepeda saat berangkat dan pulang kerja.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com