Kompas.com - 22/03/2021, 14:28 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menjawab pertanyaan wartawan terkait peluncuran situs resmi Kartu Prakerja di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (20/3/2020). ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDIMenko Perekonomian Airlangga Hartarto menjawab pertanyaan wartawan terkait peluncuran situs resmi Kartu Prakerja di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (20/3/2020).
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah berencana kembali menambah modal Lembaga Pengelola Investasi (LPI) atau Indonesia Investment Authority (INA) pada tahun ini. Kali ini, pemerintah akan menambah modal sebesar Rp 60 triliun ke LPI.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, lembaga yang dibentuk sebagai alternatif pembiayaan program pemerintah itu telah mendapatkan alokasi dana sebesar Rp 15 triliiun, melalui anggaran Penyertaan Modal Negara (PMN) dalam APBN 2020.

"Tahun 2021 dipersiapkan tambahan sebesar Rp 60 triliun," katanya dalam sebuah diskusi virtual, Senin (22/3/2021).

Baca juga: Ini Alasan Indonesia Terus Impor Daging Sapi Meski Populasinya Banyak

Lebih lanjut Airlangga menyebutkan, LPI saat ini tengah mencari calon investor yang potensial agar dapat menanamkan modalnya di lembaga tersebut.

"Pemerintah telah berkonsultasi dengan 50 perusahaan dan calon mitra strategis," ujarnya.

Melalui hal-hal tersebut, LPI diharapkan dapat segara menjalankan tugasnya untuk membantu pemerintah melaksanakan program-program pembangunan prioritas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Diharapkan kuartal pertama Indonesia Investment Authority bisa lebih merealisasikan kegiatannya," ucap Airlangga.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, modal awal dari pemerintah menjadi penting bagi LPI, sebab operasional lembaga ini tidak dapat dijalankan secara abstrak.

"Tetapi sudah ada dalam bentuk modal tunai, share serta potensial proyek yang dapat dijadikan transaksi investasi," katanya.

Baca juga: Perusahaan Milik Suami Puan Garap Proyek Pipa Rp 4,3 Triliun Pertagas

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.