Wamenkeu: Ajak Rekan Anda di Anggota Grup WhatsApp Untuk Sampaikan SPT Pajak...

Kompas.com - 22/03/2021, 14:57 WIB
Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara di Jakarta, Senin (9/3/2020). KOMPAS.COM/MUTIA FAUZIAWakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara di Jakarta, Senin (9/3/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Bulan ini merupakan bulan terakhir untuk wajib pajak (WP) orang pribadi (OP) untuk melaporkan Surat Pembaritahuan (SPT) tahunan tahun pajak 2020.

Tenggat waktu pelaporan SPT jatuh pada akhir bulan atau tanggal 31 Maret 2021 ini.

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara pun mengajak para wajib pajak orang pribadi untuk segera melaporkan SPT tahunan mereka.

Tak hanya itu, ia juga meminta para wajib pajak untuk juga mengajak anggota keluarga, kerabat, serta rekan di grup WhatsApp untuk menyelesaikan kewajiban perpajakan tersebut.

Baca juga: Sri Mulyani Ingatkan Wajib Pajak Tak Tunggu Akhir Bulan untuk Lapor SPT Pajak

"Saya ingin, memohon, kepada Bapak/Ibu, untuk tidak hanya menyelesaikan kewajiban pajaknya sendiri, tapi juga mengajak dan menyampaikan ke kerabat, teman, kepada grup WhatsApp di mana Anda menjadi anggota, mengingatkan saudara-saudara kita semua memasukkan SPT pajak dan kemudian membayar pajak terutang jika memang masih ada dan perlu dilengkapi," ujar Suahasil dalam acara Spectaxcular 2021 yang dilakukan secara virtual, Senin (22/3/2021).

Ia menjelaskan, pemerintah akan menggunakan uang hasil penerimaan pajak tersebut untuk memenuhi kebutuhan pengeluaran negara, salah satunya untuk pemulihan ekonomi yang terdampak pandemi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Secara keseluruhan, pemerintah mengalokasikan anggaran belanja sebesar Rp 2.750 triliun tahun ini, dengan Rp 699 triliun dialokasikan khusus untuk penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

"Uangnya dari mana? tentu dari pajak yang wajib pajak bayarkan ketika isi SPT dengan benar, lengkap, dan jelas. Maka kita membantu negara, ikut serta membiayai Rp 2.750 triliun dan keperluan pemulihan ekonomi yang hampir Rp 700 triliun yang secara sepsifik dipantau secara detil pelaksanaannya," ujar Suahasil.

Adapun anggaran yang mencapai Rp 699 triliun tersebut salah satunya akan digunakan untuk membayar vaksin serta proses distribusi hingga vaksinasi.

Baca juga: Simak, Ini Denda Telat Lapor SPT Tahunan

Kebutuhan anggaran untuk vaksinasi hingga saat ini dianggarkan sekitar Rp 58 triliun dan untuk melakukan vaksinasi terhadap 185 juta penduduk Indonesia.

Sebagai informasi, wajib pajak yang ingin melaporkan SPT dapat mengakses aman www.pajak.go.id. Untuk proses pelaporan, wajib pajak bisa memilih menu login di pojok kanan laman tersebut.

Sebelum melaporkan SPT, pastikan wajib pajak sudah memiliki dan melakukan aktivasi Elektronic Filing Identification Number (EFIN). EFIN merupakan nomor identifikasi yang dikeluarkan DJP untuk melakukan pelaporan secara elektronik. Bila lupa EFIN, maka wajib pajak tidak perlu datang ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP).

Wajib pajak dapat menyampaikan permohonan layanan lupa EFIN dengan melampirkan dokumen pendukung melalui Agen Kring Pajak, telepon/pesan Whatsapp ke nomor resmi KPP, surel resmi KPP, atau Direct Message (DM) akun media sosial KPP tempat wajib pajak terdaftar.

Nomor telepon dan surel resmi setiap KPP dapat dilihat pada tautan www.pajak.go.id/unit-kerja. Agen Kring Pajak dapat dihubungi melalui telepon 1500200, mention ke akun Twitter @kring_pajak, surel ke informasi@pajak.go.id untuk informasi pajak, surel pengaduan@pajak.go.id untuk pengaduan, atau live chat di situs pajak www.pajak.go.id setiap hari kerja (Senin – Jumat) jam 08.00 – 16.00. Apabila lupa password, wajib pajak dapat melakukan reset password dengan menginput data NPWP, EFIN, dan email.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.