Lewat Program Ini, UMKM Bisa Jangkau Pasar Internasional

Kompas.com - 22/03/2021, 15:56 WIB
Bincang Shopee yang diselenggarakan secara virtual, Senin (22/3/2021).  (Tangkapan Layar) KOMPAS.com/ELSA CATRIANABincang Shopee yang diselenggarakan secara virtual, Senin (22/3/2021). (Tangkapan Layar)

JAKARTA, KOMPAS.com - Shopee melalui program Ekspor Shopee ingin membantu para pelaku seller, khususnya UMKM untuk memasarkan produknya hingga ke luar negeri.

Kepala Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintahan Shopee Indonesia Radityo Triatmojo mengatakan, lewat program ini, para seller bisa menjual produknya ke luar negeri dengan cara mudah tanpa dikenakan biaya apapun.

"Lewat program ini para UMKM bisa mejangkau pembelinya baik itu ke Filipina, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam," ujar Radityo dalam Bincang Shopee yang diselenggarakan secara virtual, Senin (22/3/2021).

Baca juga: Kemenkop UKM: Aktivitas Predator Menjadi Penghambat UMKM Berkembang

Radityo mengatakan, terkait biaya pengiriman, buyer akan dikenakan tarif pengiriman sesuai dengan harga yang ditentukan.

Sehingga para seller atau UMKM, tidak dikenakan biaya sama sekali.

Radityo juga membeberkan ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan UMKM lewat program ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pertama, adalah lewat program ini para seller bisa meningkatkan penjualannya dan menjangkau lebih banyak pelanggan.

Kedua, para UMKM atau seller tidak perlu mengeluarkan biaya apapun dan ketiga program ini cukup mudah untuk digunakan.

Baca juga: Kementan Berikan Fasilitas Gerai Pangan Lokal Bagi Pelaku UMKM

"Prosesnya enggak ribet, para seller memproses pesanan masuk sama seperti pesanan dalam negeri," jelas dia.

Namun, tidak semua seller bisa mengikuti program ini. Ada beberapa kriteria yang ditentukan jika ingin bergabung dalam program ini.

Kriteria tersebut antara lain adalah toko harus memiliki minimal 1 produk aktif dengan stok minimal 1 produk, toko berstatus aktif dan menerima pesanan dalam 7 hari terakhir, toko memiliki akumulasi poin penalti kurang dari 3 poin, dan toko menjual produk yang tidak termasuk dalam daftar produk yang dikarang untuk dijual di luar negeri.

"Ketika seller ingin ikut program ini, harus memenuhi kriteria tersebut dan jika toko seller memenuhi kriteria, akan mendapatkan notifikasi bahwa toko seller telah bergabung dalam program tersebut. Selain itu, seller terpilih juga dapat melakukan pendaftaran pada menu Upgrade Toko di halaman Toko Saya di aplikasi," jelas Radityo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.