Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ByteDance Bakal Akuisisi Perusahaan Game Mobile Legend

Kompas.com - 22/03/2021, 18:20 WIB
Kiki Safitri,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

BEIJING, KOMPAR.com - Perusahaan China pemilik aplikasi video TikTok, ByteDance mengumumkan, unit video game Nuverse setuju untuk mengakuisisi studio game yang berbasis di Shanghai, Moonton Technology, Senin (22/3/2021).

Melansir Gadgetsnow, akuisisi ini dilakukan untuk untuk memperluas lebih jauh bisnis perusahaan dalam lini usaha bisnis video game.

Reuters menyebutkan nilai kesepakatan yang disetujui bernilai 4 miliar dollar AS atau Rp 57,6 triliun (kurs Rp 14.400 per dollar AS).

Baca juga: Gamers Bisa Beli Voucher Game lewat Grab

 

Akuisisi studio video oleh ByteDance ini membuat terobosan besar ke dalam bisnis video game, yang sekaligus menempatka perusahaan sebagai saingan Tencent China yang merupakan perusahaan teknologi China terbesar.

"Melalui kolaborasi lintas tim dan memanfaatkan pelajaran serta wawasan dari pertumbuhannya yang pesat, Moonton memberikan dukungan strategis yang diperlukan untuk mempercepat penawaran game global Nuverse," ujar manajemen ByteDance dalam sebuah pernyataan.

Dalam memo internal, CEO Moonton Yuan Jing mengatakan perusahaan nantinya akan mulai beroperasi secara independen usai akuisisi oleh ByteDance.

Sebagai informasi, perusahaan teknologi Moonton merupakan perusahaan video game yang didirikan oleh mantan karyawan Tencent yang sangat dikenal di Asia Tenggara dengan game multiplayer online battle arena (MOBA) Mobile Legends.

Tencent, yang merupakan perusahaan video game dan media sosial terbesar di China, sempat mengajukan penawaran untuk kerja sama dengan Moonton.

Baca juga: Hati-hati Terjebak Skema Money Game seperti Vtube dan TikTok Cash

Namun, Moonton menilai ByteDance lebih sesuai dengan tujuan perusahaan ke depannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com