Tak Ada Token Gratis, Ini Cara Dapat Diskon Listrik Periode April-Juni

Kompas.com - 23/03/2021, 10:22 WIB
Ilustrasi membeli token listrik secara online Dok. ShutterstockIlustrasi membeli token listrik secara online


JAKARTA, KOMPAS.com – Tidak ada lagi token gratis dalam skema penyaluran stimulus listrik periode April hingga Juni 2021.

Meski begitu, pelanggan PT PLN (Persero) golongan 450 volt ampere (VA) dan 900 VA dipastikan tetap bisa mendapatkan subsidi listrik hingga Juni 2021.

Besaran subsidi kali ini berbeda dengan periode sebelumnya. Pada Maret 2021, PLN menyalurkan diskon listrik 100 persen alias listrik gratis kepada pelanggan pascabayar golongan rumah tangga daya 450 VA, bisnis kecil daya 450 VA, dan industri kecil daya 450 VA.

Pada periode tersebut, ketentuan juga berlaku untuk pelanggan prabayar yang setiap bulannya diberikan token diskon persen dengan besarannya sama seperti sebelumnya.

Namun, mulai April hingga Juni mendatang, pemerintah melakukan penyesuaian terhadap besaran stimulus listrik yang diberikan kepada pelanggan penerima bantuan itu. Tak ada lagi yang gratis untuk urusan listrik.

Baca juga: Swasta Masuk Bisnis Transmisi Listrik, Ini Kata ESDM

Pasalnya, besaran stimulus masing-masing dipotong separuh. Dengan demikian, golongan 450 VA hanya menerima 50 persen diskon tarif listrik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perubahan ini juga berlaku untuk golongan pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi pascabayar yang sebelumnya mendapat potongan tagihan 50 persen.

Pada Maret, pelanggan prabayar juga mendapatkan diskon 50 persen langsung diterima saat membeli token (harga belum termasuk PPJ).

Kini, besaran diskon tersebut ikut terpangkas seiring adanya kebijakan baru terkait stimulus. Golongan 900 VA subsidi menerima 25 persen diskon tarif listrik.

Dengan adanya penyesuaian tersebut, maka pelanggan prabayar golongan 450 VA dan 900 VA subsidi tidak lagi menerima token gratis secara cuma-cuma.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X