Eks Bos Bukalapak Suntik Dana Rp 72 Miliar ke Perusahaan Teknologi

Kompas.com - 23/03/2021, 13:41 WIB
CEO Bukalapak Achmad Zaky di Kopdar Akbar Komunitas Bukalapak di Jakarta, Sabtu (24/11/2018) KOMPAS.com/Putri Syifa NurfadilahCEO Bukalapak Achmad Zaky di Kopdar Akbar Komunitas Bukalapak di Jakarta, Sabtu (24/11/2018)

JAKARTA, KOMPAS.com – Mantan bos Bukalapak, yang kini menjabat sebagai Founder Init 6, Achmad Zaky menginvestasikan 5 juta dollar AS atau setara dengan Rp 72 miliar (kurs Rp 14.400 per dollar AS) ke perusahaan teknologi yang bergerak di bidang Web Hosting Provider & Cloud Infrastructure Company, IDCloudHost.

“Init 6 adalah perusahaan venture capital yang saya dirikan sekitar 1 tahun lalu setelah saya resign dari Bukalapak dan visinya adalah bagaimana kita bisa mendorong perusahaan teknologi anak muda untuk bisa berkembang lebih jauh lagi,” kata Ahmad dalam virtual konferensi, Selasa (23/3/2021).

Baca juga: 6 Jenis Investasi yang Populer di Indonesia, dari Deposito hingga Saham

Adapun beberapa alasan penyaluran dana tersebut antara lain, produk dan layanan IDCloudHost dengan market small medium enterprice.

Untuk negara berkembang, small medium enterprice akan lebih masif adopsinya.

Selain itu, saat pandemi Covid-19, UMKM tentunya dipaksa untuk melek digital, dan tentunya dengan infrastruktur cloud membantu untuk mengembangkan usaha.

“Dalam prosesnya kami setahun ini meneliti 3.000 perusahaan dan kita sudah berinvestasi di 10 perusahaan. IDCloudHost adalah perusahaan terbaru yang kita announce dengan funding 5 juta dollar AS,” jelas dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ahmad mengatakan, sebagai negara terbesar ke-4 di dunia, Indonesia seharusnya saat ini bukan menjadi market lagi, melainkam menjadi pemain di industri.

Baca juga: Sri Mulyani: Investasi Mobil Listrik Minimal Rp 5 Triliun agar Dapat Insentif

Ia yakin, saat ini talenta anak-anak muda mampu menciptakan perusahaan-perusahaan unicorn yang lebih baik dibandingkan dengan generasi dimasanya.

Alfian Pamungkas Sakawiguna selaku CEO IDCloudHost mengatakan, dengan suntikan dana tersebut ia menargetkan di tahun 2022 jumlah pelanggan akan mencapai lebih dari 1 juta pelanggan.

Saat ini, IDCloudHost sudah melayani sekitar 100.000 pelanggan yang tersebar di Asia termasuk Indonesia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.