Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Pendapatan Deddy Corbuzier Usai Live GM Irene Vs Dewa Kipas?

Kompas.com - 23/03/2021, 15:19 WIB
Muhammad Choirul Anwar

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Duel catur antara Grand Master (GM) Irene Kharisma Sukandar dan Dewa Kipas alias Dadang Subur pecah rekor 1,25 juta penonton dalam tayangan live streaming kanal YouTube Deddy Corbuzier.

Dari jumlah tersebut, tentu saja ada pundi-pundi uang dari YouTube yang masuk ke rekening Deddy Corbuzier. Lantas, berapa pendapatan Deddy Corbuzier dari pertandingan GM Irene kontra Dewa Kipas tersebut?

Secara rinci, nominal uang yang diterima Deddy akan terus bertambah mengingat jumlah penonton video tersebut masih terus merangkak naik.

Hingga Selasa (23/3/2021) pukul 15.00 WIB, video berjudul “DEWA KIPAS VS GM IRINE ISKANDAR” sudah disaksikan lebih dari 8,1 juta penonton.

Baca juga: Berapa Gaji YouTuber? Simak Perhitungannya

Terlepas dari itu, Social Blade mencatat estimasi pendapatan Deddy Corbuzier dalam satu hari saja, pada waktu pertandingan Dewa Kipas vs GM Irene disiarkan, Senin (22/3/2021), mencapai 2.400 – 38.000 dollar AS atau sekitar Rp 34,8 juta hingga Rp 551 juta (kurs Rp 14.500).

Itu hanya angka perkiraan pendapatan Deddy Corbuzier dalam sehari. Adapun pada hari ini, atau sehari setelah pertandingan disiarkan live, Social Blade belum merilis perkiraan pemasukan Deddy.

Selain itu, Deddy Corbuzier melalui melalui Close The Door Podcast ini meraih pendapatan per bulan sekitar 22.300 - 357.500 dollar AS atau sekitar Rp 323,35 juta hingga Rp 5,183 miliar (kurs Rp14.500) sebulan.

Sedangkan estimasi pendapatannya dalam setahun dari YouTube, yakni mencapai 268,2 - 4,3 juta dolar AS atau sekitar Rp 3,888 miliar hingga Rp 62,35 miliar.

Asal tahu saja, perkiraan itu juga belum termasuk iklan langsung yang masuk ke kantongnya ketika ada brand yang ingin dimunculkan di videonya. Dalam pertandingan itu memang sejumlah brand menjadi sponsor.

Baca juga: AS Akan Pungut Pajak Youtuber Indonesia

Terkait hal ini, Denny Siregar juga buka suara menganalisa hal-hal terkait pertandingan. Ia menilai, pemenang sebenarnya dari laga itu bukanlah GM Irene atau Dewa Kipas yang saling bertarung.

“Tapi pemenang sebenarnya bukanlah Irene Sukandar. Pemenang sebenarnya adalah Deddy Corbuzier, yang bergelar master juga meski bukan master di bidang catur,” ungkapnya melalui sebuah tulisan di Facebook, dikutip Selasa (23/3/2021) dengan ejaan yang disesuaikan.

Menurutnya, Deddyi adalah youtuber berkelas, yang mampu memanfaatkan momen yang awal-awalnya biasa saja, jadi sebuah pertandingan menarik dan dikemas dengan cantik.

Apalagi, ada total hadiah Rp 300 juta yang dibagikan Deddy kepada para pemain. Inilah yang menurut Denny Siregar menarik.

Sebab Deddy seperti orang yang tidak sungkan keluarkan uang untuk menghadirkan tontonan. Dengan modal dan upaya demikian, bukan berarti Deddy rugi.

Baca juga: Ini Pajak yang Ditarik Sri Mulyani dari Hadiah GM Irene Vs Dewa Kipas

“Dialah yang paling untung dalam kompetisi ini. Saya menghitung ada 3 iklan di podcastnya. Dan iklan yang paling besar adalah sebuah perusahaan e-commerce raksasa yang berani keluarkan uang miliaran rupiah untuk tampil dihadapan 1 juta penonton lebih di acara itu,” sebutnya.

Karena itu, mengeluarkan hadiah Rp 300 juta bagi Deddy hanya urusan kecil. Lantaran menurut Denny ada uang miliaran yang didapat dari satu pertandingan.

“Julukan Dewa Kipas itu harusnya kasih ke Deddy Corbuzier, bukan Dadang Subur. Sebab, dia sekarang sedang kipas-kipas karena rejeki datang sendiri ke studionya, tanpa dia harus susah payah,” tulisnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com