Kompas.com - 24/03/2021, 07:10 WIB
Tweet pertama Jack Dorsey di jual sebagai NFT di situs Valuables by Cent. KOMPAS.com/ Galuh Putri RiyantoTweet pertama Jack Dorsey di jual sebagai NFT di situs Valuables by Cent.
Penulis Mutia Fauzia
|

NEW YORK, KOMPAS.com - CEO Twitter Jack Dorsey menjual tweet pertamanya, yang juga menjadi tweet pertama di sepanjang sejarah Twitter, dalam bentuk Non Fungible Token (NFT) dengan nilai 2,9 juta dollar AS atau sekitar Rp 41,47 miliar (kurs Rp 14.300).

NFT sendiri merupakan token digital koleksi, sehingga tidak bisa diperjual belikan.

Dilansir dari CNN, Rabu (24/3/2021), tweet pertama Dorsey yakni "just setting up my twttr" tersebut dipublikasikan pada 21 Maret 2006.

Tweet tersebut telah dibagikan sebanyak 120.000 kali dan disukai sebanyak 160.000 kali.

Tweet yang telah dibubuhi tanda tangan digital tersebut akhirnya dimenangkan oleh CEO Black Oracle Sina Estavi dalam lelang yang dilakukan Dorsey.

Baca juga: Diskon PPnBM Innova-Fortuner Berlaku April 2021, Begini Hitung-hitungannya

Black Oracle merupakan sebuah perusahaan layanan blockchain Malaysia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ini bukan tweet biasa! Saya pikir di tahun-tahun mendatang, orang-orang akan menyadari pentingnya nilai dari tweet ini layaknya lukisan Mona Lisa," ujar Estavi melalui akun Twitternya.

Estavi membeli tweet dengan NFT melalui platform Valuables, sebuah platform digital yang mengizinkan orang melakukan jual dan beli tweet yang dibubuhi tanda tangan pembuatnya.

Berdasarkan Valuable, ia membayar dengan mata uang kripto Ether.

Dorsey pun mengatakan, ia akan segera mengonversi mata uang tersebut ke bitcoin dan segera menggunakan uang hasil lelang tersebut untuk diberikan kepada sebuah yayasan yang menolong orang miskin, Give Directly Africa Fund.

NFT dalam beberapa waktu belakangan tengah populer digunakan untuk menjual seni digital baik dalam bentuk musik maupun lukisan.

NFT merupakan token unik yang secara efektif memverifikasi otentifikasi serta kepemilikan atas sebuah barang atau produk digital.

Token tersebut terenkripsi dengan tanda tangan digital dari sang artis dalam sebuah sistem blockchain.

Baca juga: PNS yang Terlibat Praktik Calo Rekrutmen CPNS Terancam Dipecat

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.