Kompas.com - 24/03/2021, 10:00 WIB
Ilustrasi kartu atm dengan sistem chip Shutterstock.comIlustrasi kartu atm dengan sistem chip
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank-bank Tanah Air akan memblokir kartu ATM lama berbasis magnetic stripes.

Hal ini sesuai dengan ketentuan Bank Indonesia dalam Surat Edaran Bank Indonesia No. 17/52/DKSP terkait Implementasi Standar Nasional Teknologi Chip untuk Kartu ATM dan/atau Kartu Debet.

Dengan kata lain, BI mewajibkan perbankan untuk mengubah kartu ATM lama menjadi kartu ATM berbasis chip hingga akhir tahun 2021.

Artinya para nasabah yang masih menggunakan kartu ATM berbasis magnetic stripes harus segera menukarnya di kantor cabang bank terdekat, dengan membawa kartu ATM lama dan KTP.

Baca juga: Segara Diblokir, Begini Cara Ganti Kartu ATM Lama BRI

Tiap bank memberikan tenggat waktu yang berbeda untuk penukaran/transmigrasi kartu. Simak jadwal di bawah ini agar kamu bisa menukar ATM lama sesuai waktu yang ditentukan.

1. BRI

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

PT bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menargetkan migrasi kartu ATM lama berbasis magnetic stripes menjadi berbasis chip tercapai 100 persen pada September 2021.

Oleh karena itu, nasabah diminta segera mengganti kartu ATM lama. Adapun hingga Februari 2021, migrasi kartu ATM berbasis chip BRI sudah mencapai 82 persen.

Corporate Secretary BRI, Aestika Oryza Gunarto menyebut penggantian kartu bisa dilakukan di seluruh kantor cabang (kacab) Bank BRI di lebih dari 9.000 unit kerja Bank BRI. Jika ingin mengganti kartu menjadi berbasis chip, jangan lupa membawa KTP dan kartu ATM yang ingin diganti.

"Penukaran kartu ATM hanya membawa kartu ATM/Debit BRI dan KTP tanpa dikenakan biaya atau gratis," sebut Aestika.

2. Bank Mandiri

Bank Mandiri akan menerapkan pemblokiran kartu debit magnetic stripe secara bertahap. Pemblokiran akan dilakukan dalam tiga tahap, yang mulai dilakukan pada 1 April 2021.

Corporate Secretary Bank Mandiri Rudi As Aturridha mengatakan, pemblokiran kartu ATM lama yang dimulai pada 1 April 2021 akan dilakukan untuk kartu ATM magnetic stripe dengan expiry date 2021-2022.

Kemudian pemblokiran akan dilanjutkan untuk tahap kedua pada 1 Juni 2021 untuk kartu dengan expiry date 2023-2025. Lalu tahap ketiga pada 1 Juli 2021 untuk kartu dengan expiry date 2026-ke atas.

"Bank Mandiri menargetkan angka jumlah kartu chip dapat mencapai 100 persen di tahun 2021 sesuai dengan arahan regulator. Untuk percepatan konversi ke kartu chip," kata Rudi saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Bagi nasabah yang belum melakukan penggantian, segera lakukan penggantian untuk menghindari pemblokiran.

Penggantian kartu chip dapat dilakukan melalui cabang bank mandiri terdekat atau Mandiri CS Machine yang berada di 5 lokasi yaitu Jakarta Pondok Indah Mall, Senayan City Mall, Kota Kasablanka Mall, Mandiri Cabang Depok, dan Mandiri Cabang Bekasi Juanda.

Baca juga: Cara Daftar Internet Banking BRI, Cek Saldo, dan Transfer

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.