Kompas.com - 25/03/2021, 06:30 WIB
Ilustrasi bitcoin, aset kripto, cryptocurrency nytimes.comIlustrasi bitcoin, aset kripto, cryptocurrency

NEW YORK, KOMPAS.com - CEO Tesla Elon Musk mengumumkan saat ini membeli mobil yang diproduksi Tesla di Amerika Serikat sudah bisa menggunakan bitcoin.

Dilansir dari CNBC, Kamis (25/3/2021) produsen kendaraan listrik tersebut pada bulan lalu baru saja mengumumkan telah membeli bitcoin senilai 1,5 miliar dollar AS atau sektiar Rp 21 triliun (kurs Rp 14.000).

Selain itu, muncul pengumuman dari perusahaan tersebut mengenai penggunaan bitcoin sebagai alat pembayaran juga dilakukan di waktu yang sama.

"Anda sekarang bisa membeli Tesla dengan bitcoin," ujar Musk seperti dikutip dari akun Twitternya.

Baca juga: Elon Musk Siap Tutup Tesla jika Terbukti Mata-matai China

Penjelasan dalam laman resmi Tesla menjelaskan bagaimana pembeli bisa membayar dan melakukan transaksi dengan mata uang digita. Adapun harga mobil yang diproduksi Tesla biasanya berada di kisaran 37.990 hingga 124.000 dollar AS sebelum pajak.

Hingga saat ini, transaksi dengan menggunakan bitcoin baru bisa dilakukan oleh penduduk Amerika Serikat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara, konsumen yang berada di luar As baru bisa melakukan pembayaran dengan bitcoin di akhir bulan ini.

Musk pun menjelaskan, untuk bisa menerima pembayaran, Tesla menggunakan perangkat lunak internal dan open source.

Selain itu, ia juga menambhkan, Tesla mengoperasikan node bitcoin secara langsung. Node merupakan komputer di jaringan bitcoin yang bekerja untuk melakukan verifikasi atas transaksi serta menghindarkan mata uang kripto untuk ditransaksikan dua kali.

Baca juga: Stafsus Erick Thohir: Kita Enggak Merasa Kecolongan Tesla Bangun Pabrik di India

Di sisi lain, perusahaan dalam kebijakan refund pun memberi peringatan kepada pelanggan mereka, bila pelanggan mengirimkan kembali mobil yang mereka beli dan meminta pengembalian dana, maka perusahaan bisa memilih mengembalikan dalam bentuk dollar AS maupun bitcoin.

Tesla mencatat, perusahaan berhak untuk mengembalikan uang pelanggan dalam dollar AS dengan harga yang persis sama dengan nilai bitcoin pada saat pembelian.



Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X