[KURASI KOMPASIANA] Merasa Depresi karena Skripsi | "Overthinking" Skripsi Membuat Mahasiswa Bengong | Mengatasi Overthinking Penulisan Skripsi

Kompas.com - 25/03/2021, 11:11 WIB
Ilustrasi mahasiswa yang sedang mengalami masalah saat mengikuti ujian lisan. DOK. PEXELSIlustrasi mahasiswa yang sedang mengalami masalah saat mengikuti ujian lisan.

KOMPASIANA---Saat mengerjakan skripsi maupun Tugas Akhir, mahasiswa tingkat akhir kerap banyak pengorbanan yang dilakukan agar bisa selesai.

Karana, biar bagaimanapun, proses belajar selama di kampus mesti diselesaikan dengan cara lulus sidang skripsi.

Skripsi merupakan sebuah penelitian sederhana, tapi ada saja kendala dan drama yang terjadi kala ingin menyelesaikan skripsi: dari mencari bahan riset hingga berhadapan dengan dosen pembimbing skripsi.

Maka, tidak heran jika skripsi justru menjadi momok bagi mahasiswa karena dianggap sulit dan melelahkan.

Adakah cara sederhana agar saat mengerjakan skripsi tidak lagi menjadi beban, tapi bisa dilakukan dengan riang?

1. Merasa Depresi karena Skripsi

Menurut Kompasianer Diana Lieur pertanyaan "Sudah sampai mana skripsimu hari ini?" itu sama menakutkannya dengan "Kapan nikah?" atau "Kapan dapet kerjaan?"

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketika sedang merasa kesulitan menyusun skripsi, ternyata masih ditambah dengan dua dosen pembimbing yang keinginannya berbeda-beda.

"Hal itu jelas membuat saya stres, belum lagi revisi yang saya terima malah membawa saya kepada masalah yang semakin kacau," tulis Kompasianer Diana Lieur.

Dalam masa-masa depresi karena skripsi inilah, setiap orang akan memiliki tindakan yang berbeda-beda, dan sulit untuk memaksakan ia harus seperti ini atau itu.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.