KILAS

Menaker Ida Minta Pemda Optimalkan SDM Daerah Agar Bisa Masuk Pasar Kerja

Kompas.com - 25/03/2021, 20:06 WIB
Bupati Sumedang Donny Ahmar Munir (kiri) dan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah (kanan) melakuakn audiensi di Ruang Kerja Kementerian Ketenagakerjaan, Jakarta, pada Kamis (25/3/2021). Dok. Humas Kementerian KetenagakerjaanBupati Sumedang Donny Ahmar Munir (kiri) dan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah (kanan) melakuakn audiensi di Ruang Kerja Kementerian Ketenagakerjaan, Jakarta, pada Kamis (25/3/2021).

KOMPAS.com – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziah meminta pemerintah daerah (pemda) untuk mengoptimalkan sumber daya manusia (SDM) di daerah agar dapat masuk ke pasar kerja.

Optimalisasi SDM daerah, menurut Ida, dapat dilakukan melalui mekanisme antar kerja antar daerah (AKAD), antar kerja lokal (AKL), maupun antar kerja antar negara (AKAN).

Pemda juga dapat mengembangkan berbagai program peningkatan kompetensi, sehingga mampu bersaing dengan SDM daerah lain dan berkompetisi di pasar kerja nasional,” tuturnya dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima.

Hal tersebut disampaikan Menaker saat menerima audiensi Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir dan Wali Kota Sawahlunto Deri Asta secara terpisah di Ruang Kerja Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Jakarta, pada Kamis (25/3/2021).

Baca juga: Wapres: Indonesia Harus Kerja Keras Wujudkan SDM Unggul dan Sehat

Adapun program peningkatan kompetensi yang dimaksud Menaker Ida meliputi program pemberdayaan bagi tenaga kerja disabilitas, muda, wanita, dan lanjut usia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Baik di dalam hubungan kerja, maupun di luar hubungan kerja, untuk penempatan tenaga kerja di dalam negeri, maupun luar negeri,” tutur Ida.

Ida mengatakan, program tersebut perlu digelar pemda agar para tenaga kerja yang rentan tetap memiliki kesempatan sama untuk masuk ke pasar kerja.

“Program-program yang dilaksanakan daerah seyogyanya bersinergi dengan program Kemnaker. Program ini juga mendorong penempatan tenaga kerja," kata dia

Pada kesempatan tersebut, Menaker Ida menghimbau agar potensi sumber daya alam (SDA) daerah digali lebih dalam, supaya dapat dimanfaatkan oleh SDM di daerah.

Baca juga: Menaker Ida Sahkan Agenda Kerja Tripartit Nasional Tahun 2021

“Sehingga diharapkan dapat menciptakan wirausaha baru maupun lanjutan, yang pada akhirnya mendorong terciptanya perluasan kesempatan kerja,” ucapnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.