Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Telkom dan MBN Hadirkan Agree untuk Bantu Petani, Wamendes PDTT: Segera Dieksekusi

Kompas.com - 26/03/2021, 08:40 WIB
Alifia Nuralita Rezqiana,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Wakil Menteri Desa (Wamendes), Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Budi Arie Setiadi mengatakan, ia mendukung implementasi platform Agree. Platform ini merupakan hasil kerja sama PT. Telkom Indonesia dan PT. Mitra BUMDes Nusantara (MBN)

“Kita harus mempersiapkan digitalisasi ekonomi. Saya menyambut baik implementasi Agree, agar segera untuk dieksekusi dan diwujudkan,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (26/3/2021).

Hal tersebut dikatakan Arie saat menandatangani kontrak kerja sama penyediaan layanan Plarform agree antara PT Telkom Indonesia dan PT MBN di Jakarta, Rabu (24/3/2021).

Ia berharap kehadiran platform Agree dapat memperkecil angka kesenjangan antara desa dan kota.

Baca juga: Gandeng Surveyor Indonesia, Telkom Serius Dukung Program P3DN

“Dari data produk domestik bruto (PDB), ekonomi kota sebesar 86 persen, sedangkan ekonomi desa 14 persen, (kesenjangan tersebut adalah) hal yang cukup miris,” tutur Budi.

Untuk itu, kata dia, agar Indonesia maju, maka desa juga harus maju.

Wamen mengatakan pada tahap awal pembentukan platform ini pasti akan mengalami banyak tantangan, kendala dan perbaikan. Namun, ia yakin kendala itu bisa teratasi.

Platform Agree

Sebagai informasi, platform Agree adalah aplikasi penunjang agribisnis yang memiliki fitur kemitraan dengan perusahaan pertanian, permodalan, dan penjualan.

Aplikasi ini memiliki fitur informasi tentang cara budidaya, info cuaca, dan info harga.

Wakil Menteri (Wamen) Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi menegaskan kehadiran Agree diharapkan dapat menyejahterakan petani

“Tujuan utama kita adalah menyejahterakan petani. Petani kaya, produknya berkualitas.
Jangan sampai hasil pertanian warga banyak, tetapi petani justru miskin.” tukasnya.

Selain memuat informasi dan layanan di sektor pertanian, Agree juga menyediakan layanan untuk sektor perikanan dan peternakan.

Baca juga: Potret Susutnya Lahan Pertanian dan Profesi Petani yang Terancam Punah

Adapun layanan di sektor perikanan dan peternakan akan mencakup service kemitraan, permodalan, dan marketplace.

 

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi (kedua dari kiri) bersama Komisaris Telkom Rizal Mallarangeng (paling kanan), Direktur Enterprise dan Business Service Telkom Edi Witjara (paling kiri), Executive Vice President Divisi Business Service Telkom Syaifudin (tengah) dan Direktur Utama MBN Wiyoto (kedua dari kanan) usai penandatanganan kerja sama Penyediaan Layanan Platform Agree Suite antara PT Telkom Indonesia dan PT Mitra BUMDes Nusantara (MBN) di Jakarta, pada Rabu (24/3/2021).Dok. Humas Telkom Indonesia Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi (kedua dari kiri) bersama Komisaris Telkom Rizal Mallarangeng (paling kanan), Direktur Enterprise dan Business Service Telkom Edi Witjara (paling kiri), Executive Vice President Divisi Business Service Telkom Syaifudin (tengah) dan Direktur Utama MBN Wiyoto (kedua dari kanan) usai penandatanganan kerja sama Penyediaan Layanan Platform Agree Suite antara PT Telkom Indonesia dan PT Mitra BUMDes Nusantara (MBN) di Jakarta, pada Rabu (24/3/2021).

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Edi Witjara mengatakan kehadiran Agree adalah bukti nyata komitmen Telkom untuk mewujudkan digitalisasi demi ketahanan pangan nasional.

“Diharapkan (Agree) dapat membantu validasi petani dan proses budidaya per musim tanam di lapangan, untuk meningkatkan kesejahteraan petani,” harap Edi yang juga hadir dalam penandatanganan kerja sama antara PT Telkom dan PT MBN.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com