9,04 Juta Wajib Pajak Sudah Lapor SPT, Apakah Anda Sudah?

Kompas.com - 26/03/2021, 16:30 WIB
Laman https://djponline.pajak.go.id untuk pengisian SPT secara online https://djponline.pajak.go.idLaman https://djponline.pajak.go.id untuk pengisian SPT secara online

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) Kementerian Keuangan melaporkan, hingga hari ini, Jumat (26/3/2021) 9,04 juta wajib pajak, baik wajib pajak (WP) orang pribadi (OP) maupun wajib pajak badan telah melaporkan Surat Pemberitahunan (SPT) tahunan mereka untuk tahun pajak 2020.

Jumlah tersebut setara dengan 59,47 persen dari target WP yang melapor SPT yang ditetapkan oleh Ditjen Pajak, yakni sebanyak 15,2 juta orang.

Adapun jumlah WP yang telah melapor SPT per hari ini lebih banyak bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, yakni sebesar 8,43 juta.

Baca juga: Cara Lapor SPT Tahunan via E-filing, Login ke djponline.pajak.go.id

Berdasarkan catatan Ditjen Pajak, dari jumlah tersebut sebanyak 8,75 juta merupakan wajib pajak orang pribadi. Jumlahnya meningkat dari tahun lalu yang sebanyak 8,19 juta.

Sementara untuk wajib pajak badan yang sudah melaporkan SPT sebanyak 282.107, meningkat tipis bila dibandingkan tahun lalu yang sebanyak 246.274.

Ditjen Pajak mencatatkan, sebanyak 8,69 juta orang telah melaporkan SPT secara online dengan menggunakan e-filing. Jumlah tersebut meningkat 7,15 persen bila dibandingkan realisasi di periode yang sama tahun lalu yang sebanyak 8,11 juta orang.

Jumlah wajib pajak yang telah melapor dengan menggunakan e-filing tersebut terdiri atas 8,45 juta wajib pajak pribadi dan 237.895 wajib pajak badan.

Sementara itu, wajib pajak yang masih melaporkan SPT secara manual hingga hari ini tercatat sebanyak 350.236. Jumlah tersebut meningkat bila dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang sebanyak 321.420.

Jumlah wajib pajak yang melapor SPT secara manual tersebut terdiri atas wajib pajak orang pribadi sebanyak 306.024 dan wajib pajak badan 44.212.

Untuk diketahui, tenggat waktu pelaporan SPT untuk wajib pajak orang pribadi kian dekat, yakni pada 31 Maret 2021 ini.

Baca juga: Simak, Ini Denda Telat Lapor SPT Tahunan

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.