Visa 5 Tahun untuk Turis Asing Terbit April 2021

Kompas.com - 26/03/2021, 16:36 WIB
Ilustrasi visa Indonesia. SHUTTERSTOCK / Paolo GalloIlustrasi visa Indonesia.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pemerintah akan menerbitkan visa perjalanan bagi wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia dengan masa 5 tahun.

Rencananya, kebijakan penerbitan visa ini akan dimulai paling cepat pada bulan April 2021.

"Selain itu, saat ini kami akan menerbitkan visa 5 tahun ke Indonesia. Ini juga detail kami susun dan kami akan segera menerapkannya. Saya pikir ini akan dimulai sesegera mungkin. Mungkin sekitar bulan depan atau bulan berikutnya," ujar Luhut dalam Bali Investment Forum yang ditayangkan secara virtual, Jumat (26/3/2021).

Luhut menambahkan, bila kebijakan visa 5 tahun ini terealisasi, maka para wisatawan mancanegara dapat bekerja dari Bali.

Baca juga: 9,04 Juta Wajib Pajak Sudah Lapor SPT, Apakah Anda Sudah?

Saat ini, pemerintah sedang menggodok regulasi kebijakan visa wisman hingga 5 tahun tersebut. Diharapkan, kebijakan tersebut bisa berdampak ke sektor investasi.

"Juga menambah kepercayaan investor untuk berinvestasi di Indonesia. Jadi mereka bisa bekerja dari Bali," ujarnya.

Meski begitu, Luhut belum mengungkapkan daftar negara yang akan masuk dalam kebijakan visa perjalanan dengan masa 5 tahun tersebut.

"Jadi intinya kita ingin membuat banchmark dengan negara-negara sekitar kita maupun negara-negara maju lainnya, sepanjang itu masih bisa kita akomodasi," kata dia.

Baca juga: Bukalapak Digugat Rp 90,32 Miliar



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X