Pulihkan Ekonomi Bali, Pemerintah Mau Hapus Kredit Macet UMKM

Kompas.com - 26/03/2021, 17:32 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah berencana memberikan relaksasi kredit bagi para pelaku UMKM di Bali, khususnya yang bergerak di sektor pariwisata dan terdampak pandemi Covid-19.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, salah satu relaksasi yang akan diberikan, yakni penghapusan nama dari daftar kreditur macet di Bank Indonesia.

“Jadi mungkin hapus buku utang mereka. Kita lagi timbang. Tentu karena Covid, bukan dia lagi masalah. Kita sedang rapat, Pak Tiko akan rapatkan dengan perbankan, untuk bisa dijalankan. Jadi paralel akan kita lakukan bersama-sama,” ujar Luhut dalam konferensi pers virtual, Jumat (26/3/2021).

Baca juga: Apa Itu UMKM: Pengertian, Kriteria, dan Contohnya

Sementara itu Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo menambahkan, insentif lainnya yang mungkin diberikan pemerintah bagi masyarakat bali, khususnya pengusaha yang terdampak pandemi Covid-19, yakni pemberian kredit modal kerja yang dijamin oleh pemerintah pusat.

“Pertama pemberian kredit modal kerja baru yang diberikan jaminan dari pemerintah pusat, itu untuk UMKM, itu bisa segera berjalan. Saya rasa minggu-minggu ini sedang kita finalisasi,” kata dia.

Selanjutnya, kata pria yang akrab disapa Tiko itu menjelaskan, pemerintah tengah mempertimbangkan pemberian keringanan dari utang masa lalu bagi para pelaku usaha mikro, khususnya yang bergerak di bidang pariwisata.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kalau dulu pengusaha ataupun pelaku usaha mikro yang pernah (kredit) macet dicatat sebagai debitur yang pernah macet, itu mau kita usahakan untuk dihapuskan. Jadi kita harapkan bisa kita ajukan,” ucap dia.

Baca juga: Relaksasi PPnBM, Napas Baru Industri Otomotif

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.