Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mei, Pemerintah Targetkan Vaksinasi Covid-19 Capai 1 Juta Orang Per Hari

Kompas.com - 26/03/2021, 19:03 WIB
Ade Miranti Karunia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menargetkan bisa melakukan vaksinasi kepada 1 juta orang per hari pada bulan Mei nanti.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan hingga kini pelaksanaan vaksinasi Covid-19 baru mencapai 500.000 orang per harinya.

"Hari ini, saya baru melaporkan, vaksinasi sudah mencapai 500.000 setiap hari. Itu menetapkan target kami, sehingga kami yakin pada Mei, kami bisa mencapai mungkin 750.000 atau mungkin 1 juta sehari," katanya dalam Bali Investment Forum secara virtual, Jumat (26/3/2021).

Baca juga: 17.387 Perusahaan Telah Mendaftar Vaksinasi Gotong Royong

Begitu pula dengan penerima vaksin Covid-19 di Bali, yang diperkirakan akan mencapai 1,5 juta orang pada bulan ini atau paling lambat April 2021.

"Kami mendapat pesan singkat dari Jakarta, akan mengirim vaksin Astrazeneca ke Bali. Harapannya, Bali bisa mendapatkan 1,5 juta vaksin. Semoga bulan ini atau bulan depan," ujar Luhut.

Menurut eks-Menko Polhukam ini, percepatan pelaksanaan vaksinasi tersebut diharapkan akan memacu pertumbuhan ekonomi, terutama di sektor pariwisata yang paling terdampak akibat pandemi Covid-19.

"Jadi, turis adalah salah satu sektor yang sangat penting bagi kami. Tapi sekali lagi seperti yang saya katakan, Bali adalah salah satu target kami. Jika ini bisa terjadi, saya pikir Anda bisa melihat hubungan bagaimana kita mengatasi Covid-19 dan bagaimana kita melihat pertumbuhan ekonomi," katanya.

Sebagai informasi, pemerintah telah menetapkan jadwal vaksinasi Covid-19 tahap ketiga yang akan dimulai pada April 2021. Hal ini berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nomor HK.02.02/4/1/2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19).

Pada tahap ini, vaksinasi akan menyasar masyarakat yang rentan dari aspek geospasial, sosial, dan ekonomi.

Baca juga: Erick Thohir: 50.000 Orang Telah Disuntik Vaksin di Sentra Vaksinasi BUMN

 

Sementara itu, saat ini pelaksanaan program vaksinasi nasional telah berjalan dalam dua tahap, yakni tahap pertama dan tahap kedua. Kedua tahap ini berjalan sejak Januari hingga April 2021.

Pada dua tahapan ini, vaksinasi menyasar tenaga kesehatan, pedagang pasar, pendidik (guru, dosen, tenaga pendidik), tokoh agama, wakil rakyat, pejabat pemerintah, dan Aparatur Sipil Negara (ASN), aparat keamanan (TNI-Polri).

Lainnya adalah pekerja pariwisata (petugas hotel dan petugas restoran), pelayanan publik (Damkar, BPBD, BUMN, BPJS, Kepala/perangkat Desa), pekerja transportasi publik, atlet, dan para jurnalis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com