Jokowi Minta Sri Mulyani Siapkan Anggaran Untuk Serap Beras Petani

Kompas.com - 26/03/2021, 20:15 WIB
Sepasang suami istri petani saat proses pemilahan gabah menggunakan alat tradisional di musim panen raya di areal persawahan Kelurahan Kaligangsa, Kecamatan Margadana, Kota Tegal, Senin (22/3/2021). KOMPAS.com/Tresno SetiadiSepasang suami istri petani saat proses pemilahan gabah menggunakan alat tradisional di musim panen raya di areal persawahan Kelurahan Kaligangsa, Kecamatan Margadana, Kota Tegal, Senin (22/3/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo meminta Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyiapkan anggaran agar Perum Bulog bisa menyerap lebih banyak beras dari petani.

Jokowi menjelaskan, hal itu dibutuhkan lantaran saat ini sedang memasuki harga panen dan harga beras di tingkat petani masih rendah atau belum sesuai yang diharapkam.

"Saya pastikan beras petani akan diserap Bulog dan saya akan segera memerintahkan Menkeu agar membantu terkait anggaran," ujar Jokowi ketika memberikan keterangan seperti dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (26/3/2021).

Baca juga: Buwas: Belum Apa-apa Kok Malah Mau Impor Beras

Selain itu ia juga menegaskan pemerintah tidak akan melakukan impor beras hingga bulan Juni 2021.

Meski pihaknya tidak menyangkat pemerintah telah meneken nota kesepahaman dengan Thailand dan Vietnam. Namun, hal itu hanya untuk menjaga kebutuhan stok beras di dalam negeri. Sebab, menurut dia saat ini di situasi pandemi penuh dengan ketidakpastian.

"Saya pastikan, bahwa sampai bulan Juni 2021 tidak ada beras impor yang masuk ke negara kita Indonesia. Kita tahu, sudah hampir tiga tahun ini kita tidak impor beras," ujar dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia pun meminta agar seluruh pihak tak lagi mempermasalahkan impor beras. Menurut Jokowi, perdebatan terkait impor beras yang tak kunjung rampung justru membuat harga gabah di tingkat petani menjadi anjlok.

Baca juga: Banyak Orang yang Diet Keto, Mengapa Pemerintah Tetap Impor Beras?

"Saya minta segera hentikan perdebatan berkaitan dengan impor beras. Ini justru bisa membuat harga jual gabah di tingkat petani turun atau anjlok," ujar Jokowi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.