Penghasilan Kurang dari Rp 60 Juta Setahun, Begini Cara Lapor SPT-nya

Kompas.com - 27/03/2021, 12:10 WIB
Ilustrasi formulir Ilustrasi formulir

JAKARTA, KOMPAS.com - Pegawai atau orang dengan penghasilan di bawah Rp 60 juta juga perlu untuk melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) tahunan mereka.

Dikutip dari laman resmi Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak), wajib pajak dengan penghasilan bruto tidak lebih dari Rp 60 juta dalam setahun menggunakan formulir 1770 SS dalam melaporkan SPT-nya.

Formulir tersebut memiliki struktur dan bentuk yang paling sederhana karena hanya satu lembar.

"Formulir ini digunakan oleh Wajib Pajak yang mempunyai penghasilan selain dari usaha dan/atau pekerjaan bebas dengan penghasilan bruto tidak lebih dari Rp 60.000.000,00 dalam satu tahun," jelas Ditjen Pajak seperti dikutip Kompas.com dalam laman pajak.go.id, Sabtu (27/3/2021).

Baca juga: Sudah Berstatus Suami-Istri, Lapor SPT Dipisah atau Digabung?

Untuk bisa melaporkan SPT, di akhir tahun karyawan harus meminta bukti potong 1721-A1 untuk karyawan swasta dan bukti potong 1721-A2 untuk pegawai negeri.

Dengan demikian, pengisian formulir 1770 SS akan lebih mudah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Karena di dalam bukti potong 1721-A1 maupun 1721 A2 sudah tertera penghasilan bruto karyawan tersebut selama satu tahun," jelas Ditjen Pajak.

Ditjen pajak menjelaskan, pengisian formulir 1770 SS merupakan yang paling sederhana. Sebab, wajib pajak hanya tinggal memindahkan data yang sudah ada di dalam bukti potong 1721 A1 maupun 1721 A2.

"Selain itu, wajib pajak juga mengisi daftar harta maupun kewajiban sampai akhir tahun tanpa memerlukan perinciannya," sebutnya.

Baca juga: Tenggat Waktu Tinggal 5 Hari Lagi, Anda Sudah Lapor SPT?

Adapun berikut langkah-langkah untuk mengisi formulir 1770 SS:

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.