[KURASI KOMPASIANA] Bersepeda Mencari Tantangan Bukan Celaka | SIM Sepeda di Jerman | Etika Bersepeda ala Emak-emak

Kompas.com - 28/03/2021, 08:08 WIB
Ilustrasi sepeda statis. ShutterstockIlustrasi sepeda statis.

KOMPASIANA---Bersepeda saat ini merupakan aktivitas yang tengah diminati banyak orang. Oleh karenanya, kita mesti lebih patuhi aturan bersepeda yang ada.

Fenomena kebangkitan bersepeda juga ini mesti disambut dengan cepat. Aturan-aturan baru juga perlu ditambahkan.

Namun, yang perlu diingat adalah jalan raya merupakan area publik dan milik publik. Jika berada di jalan raya, semua mesti bisa sama-sama berbagi ruang tersebut.

Paling tidak, bersepedalah dengan mengutamakan keselamatan: gunakan helm, bersepeda di sebelah kiri jalan raya yang dilalui , hingga tidak bergerombol --yang mengakibatkan lebih dari dua baris sejajar.

1. Bersepeda untuk Mencari Tantangan Bukan Celaka

Banyak alasan seseorang melakukan kegiatan bersepeda. Selain untuk kesehatan, di antaranya juga mencari tantangan.

Bagi pesepeda yang tinggal di kota kecil atau kota besar namun di wilayah pegunungan bukanlah hal yang sulit untuk menemukan tempat bersepeda berbukit-bukit atau tempat yang penuh tantangan. Tapi tidak di kota besar.

Di sisi lain, semakin maraknya pesepeda rupanya terbaca dengan baik oleh pemerintah dengan menyediakan jalur sepeda, hanya saja masih belum dipatuhi sepenuhnya oleh sebagian pengguna jalan. (Baca selengkapnya)

2. SIM Sepeda di Jerman, Mendidik Anak Menjadi Pengendara yang Bertanggung Jawab

Di Jerman ada aturan tersendiri bagi pengguna sepeda, terutama golongan anak-anal.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X