Kompas.com - 28/03/2021, 09:37 WIB
Salah satu mitra GrabFood. Dok Humas GrabSalah satu mitra GrabFood.

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu aplikasi layanan pengantaran makanan dan minuman yaitu GrabFood hingga saat ini masih membuka kesempatan bagi para pelaku usaha makanan dan minuman untuk bergabung menjadi mitra merchantnya.

Head of Marketing, GrabFood, Grab Indonesia Hadi Surya Koe mengatakan, GrabFood masih membuka kesempatan bekerja sama bagi mitra merchant dari berbagai skala bisnis.

" Saat ini, kami masih membuka pendaftaran bagi pemilik usaha yang ingin bergabung dengan GrabFood terutama di masa pandemi ini," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Jumat (26/3/2021).

Baca juga: Mengintip Cara Kerja GrabFood Merekomendasikan Makanan

Menurutnya, upaya ini sejalan dengan misi GrabForGood, dimana pihaknya percaya bahwa ekonomi digital harus dinikmati dan dimanfaatkan oleh semua kalangan. Oleh sebab itu, pihaknya ingin segmen UMKM bertahan dan membangun kapabilitas mereka.

Lebih lanjut, Hadi mengatakan, apabila pemilik usaha restoran dan bisnis kuliner ingin bergabung menjadi mitra merchant, dapat bergabung dengan menggunakan aplikasi GrabMerchant yang mudah dipakai, atau mengisi formulir yang tersedia di situs https://www.grab.com/id/en/merchant/food/.

Dijelaskan dia, hal pertama yang bisa dilakukan adalah, pemilik usaha harus mengunduh aplikasi GrabMerchant dan membuat akun GrabMerchant. Setelah itu, pemilik usaha dapat mengisi syarat pendaftaran GrabMerchant seperti menyiapkan KTP, foto toko, dan foto makanan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lalu calon mitra harus mengisi 7 tahapan pendaftaran seperti informasi toko, profil pemilik, rekening bank, dokumen legal, detail restoran, foto menu makanan dan minuman, jam buka dan calon Mitra Merchant juga harus menyetujui syarat dan ketentuan OVO agar data dapat dikirim untuk proses verifikasi.

Baca juga: Mau Bisnis Makanan? Simak Dulu 7 Tips Ini

Selanjutnya kontrak GrabFood akan dikirim ke email untuk ditandatangani dan melengkapi proses pendaftaran.

Status pendaftaran dapat dilihat di aplikasi GrabMerchant. "Apabila ditolak, calon Mitra Merchant akan mendapatkan notifikasi dan ikuti petunjuk dan kirim ulang dokumen yang dibutuhkan," jelasnya.

Jika pendaftaran berhasil, lanjut dia, calon mitra merchant bisa langsung menerima pemesanan dari GrabFood dan pembayaran melalui OVO.

"Selain itu, mitra merchant kami juga dapat membeli bahan masakan dengan harga grosir langsung dari aplikasi GrabMerchant. Berbagai layanan yang disediakan oleh pihak ketiga seperti layanan kebersihan, desain kemasan, dan POS online juga dapat diakses para Mitra Merchant," ungkap dia.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.