Kompas.com - 28/03/2021, 13:19 WIB
Ilustrasi pensiunan ShutterstockIlustrasi pensiunan

KOMPAS.com - Salah satu enaknya jadi PNS atau Pegawai Negeri Sipil adalah tetap menerima gaji setelah pensiun, walaupun besarannya hanya 75 persen dari gaji pokok saat masih aktif.

Meski ditanggung negara, uang pensiunan setiap bulan ini sebetulnya bisa berlipatganda bila Anda gunakan untuk bisnis atau usaha. Jadi, keuangan Anda makin berjaya dan hidup pun kian sejahtera tanpa harus meminta anak cucu.

Berikut ide bisnis yang memiliki prospek menjanjikan pasca pensiun sebagai PNS, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Bisnis kos-kosan

Cuma tiduran atau duduk santai dapat uang? Bisa banget. Coba bisnis kos-kosan atau jadi juragan kontrakan.

Memang sih butuh modal besar untuk membeli tanah dan mendirikan bangunan menjadi kos-kosan atau kontrakan. Anda dapat menggunakan uang pesangon.

Kalau modal Anda Rp 500 juta, bisa membuat kos-kosan atau kontrakan dua lantai sebanyak 6 pintu dengan harga sewa Rp 1 juta setiap bulan, maka Anda mengantongi Rp 6 juta per bulan.

Dikali 12 bulan, berarti Rp 72 juta setahun. Dalam waktu 6 tahun 9 bulan, Anda sudah bisa balik modal. Selebihnya, akan menjadi keuntungan Anda sampai anak cucu nanti.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Bengkel motor

Jumlah kendaraan roda dua atau motor saat ini terus bertambah. Satu orang, bahkan punya dua motor. Peluang bisnis yang patut dilirik adalah membuka bengkel motor.

Bukan hanya melayani perbaikan dan perawatan motor saja, tetapi juga menyediakan asesoris kendaraan roda dua lainnya, seperti suku cadang, ban mobil, helm, hingga jaket maupun sarung tangan.

Namanya baru mulai, tidak perlu membuka bengkel besar. Buka bengkel dengan luas 4x5 meter sudah cukup. Namun buka bengkel di lokasi yang strategis, seperti pinggir jalan raya, dekat pasar, dan tempat ramai lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.