Batik Air ID-6355 Putar Balik, Penumpang Diangkut Pakai Pesawat Lain

Kompas.com - 29/03/2021, 07:12 WIB
Penerapan physical distancing pada penerbangan Batik Air Lion Air GroupPenerapan physical distancing pada penerbangan Batik Air


JAKARTA, KOMPAS.com - Pesawat Batik Air dengan nomor penerbangan ID-6355 putar balik ke bandara asal usai sempat terbang selama 15 menit, Minggu (28/3/2021).

Pesawat tersebut sedianya mengambil rute Semarang melalui Bandar Udara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Jawa Tengah (SRG) tujuan Jakarta melalui Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang (CGK).

Alhasil, para penumpang terdampak ikut mengalami keterlambatan keberangkatan dikarenakan kendala teknis pada sistem hidrolik pesawat. Kendati begitu, pada akhirnya penumpang diangkut menggunakan pesawat lain yang dioperasikan Batik Air.

Penerbangan ID-6355 telah diberangkatkan kembali menggunakan jadwal keberangkatan terbaru pukul 18.13 WIB, dari Bandar Udara Internasional Jenderal Ahmad Yani, semalam.

“Dalam penerbangan ini, Batik Air mengganti pesawat udara dengan menggunakan armada lainnya yakni Airbus 320-200CEO registrasi PK-LZJ,” kata Corporate Communications Strategic of Batik Air, Danang Mandala Prihantoro, dikutip dari keterangan resmi pada Senin (29/3/2021).

Baca juga: Batik Air Rute Semarang-Jakarta Putar Balik Usai Terbang 15 Menit

Dia menegaskan, pelaksanaan keberangkatan sesuai standar operasional prosedur. Pengecekan pesawat sebelum keberangkatan (pre flgiht check) tetap dijalankan dan dinyatakan laik terbang dan beroperasi (airworthy for flight).

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Batik Air menerbangkan (membawa) enam awak pesawat serta 95 tamu,” kata Danang.

Jumlah itu menyusut dari data tamu sebelumnya yakni 120 penumpang. Artinya, terdapat 25 penumpang mengajukan perubahan jadwal keberangkatan (reschedule) dan pengembalian dana dari tiket (refund).

“Batik Air menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamana yang timbul, terganggunya perjalanan udara para tamu pada penerbangan ID-6355,” urainya.

Penerbangan Batik Air penerbangan ID-6355 dengan pesawat lain ini akhirnya mendarat di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta pada 19.27 WIB.

Baca juga: Penumpang Buka Jendela Darurat, Wings Air Ganti Pakai Pesawat Lain

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X