Jumlah Pengajuan Klaim JHT Capai 554.000 Ini Cara BP Jamsostek Cegah Calo

Kompas.com - 29/03/2021, 19:03 WIB
Seorang petugas sedang membersihkan area Kantor BPJS Ketenagakerjaan DOK. Humas BPJS Ketenagakerjaan Seorang petugas sedang membersihkan area Kantor BPJS Ketenagakerjaan

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Anggoro Eko Cahyono menyebutkan, pengajuan klaim Jaminan Hari Tua (JHT) hingga Februari 2021 mencapai 554.400 peserta.

Jumlah pengajuan klaim ini terus meningkat, terlebih di masa pandemi virus corona (Covid-19).

"Dengan rincian klaim JHT melalui online sebesar 416.900 atau 75 persen dan onsite atau datang langsung ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan sebesar 137.500 atau 25 persen," katanya kepada Kompas.com, Senin (29/3/2021).

Baca juga: Jalankan JKP, Kemenaker Integrasikan Data dengan BPJS Ketenagakerjaan

Untuk menghindari hal tersebut, BPJS Ketenagakerjaan memberikan Layanan Tanpa Kontak Fisik (Lapak Asik) sepanjang pandemi Covid-19.

"Langkah ini juga merupakan antisipasi terjadinya peningkatan PHK (Pemutusan Hubungan Kerja), yang berdampak pada peningkatan jumlah pengajuan klaim JHT hingga mencapai 20 persen," ujarnya.

Adapun layanan yang disediakan oleh BPJS Ketenagakerjaan melalui Lapak Asik antara lain Layanan online, on-site, dan kolektif.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk layanan online dilakukan dengan melakukan pengajuan dan upload dokumen melalui situs lapakasik.bpjsketenagakerjaan.go.id secara mandiri oleh peserta yang hendak mengajukan klaim.

Baca juga: Dirut Baru BPJS Ketenagakerjaan Janji Optimalisasi Dana Investasi

 

"Dengan adanya Lapak asik ini diharapkan peserta tidak menggunakan jasa pihak ketiga atau calo untuk melakukan klaim. Perlu diingat bahwa BP Jamsostek tidak mengenakan biaya apapun untuk layanan yang diberikan. Penggunaan jasa calo untuk klaim juga memiliki potensi penyalahgunaan data pribadi peserta oleh pihak yang tidak bertanggung jawab," kata eks-Wadirut BNI ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.