Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awal Sesi, IHSG dan Rupiah Masih Lesu

Kompas.com - 30/03/2021, 09:34 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pagi ini berada di zona merah pada awal perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) Selasa (30/3/2021). Demikian juga dengan rupiah yang masih melemah di pasar spot.

Melansir data RTI, pukul 09.12 WIB, IHSG berada pada level 6.158 atau turun 9,81 poin (0,14 persen) dibanding penutupan sebelumnya pada level 6.166,81.

Sebanyak 175 saham melaju di zona hijau dan 172 saham di zona merah. Sedangkan 153 saham lainnya stagnan. Adapun nilai transaksi hingga saat ini mencapai Rp 795,47 miliar dengan volume 1,45 miliar saham.

Baca juga: Profit Taking Masih Bayangi IHSG, Simak Rekomendasi Saham Hari Ini

Bursa Asia pagi mayoritas hijau, dengan kenaikan indeks Strait Times Singapura 0,49 persen, indeks Shanghai Komposit 0,2 persen, dan indeks Hang Seng Hong Kong 0,48 persen. Sementara itu, indeks Nikkei melemah 0,11 persen.

Analis Binaartha Sekuritas Nafan Aji mengatakan, berdasarkan indikator, MACD telah membentuk pola dead cross di area positif. Sementara itu, Stochastic dan RSI masih menunjukkan sinyal negatif.

“Di sisi lain, pergerakan indeks telah menguji batas atas dari beberapa garis MA 10 maupun MA 60, sehingga peluang terjadinya koreksi lanjutan menuju kepada level support masih terbuka lebar,” jelas Nafan dalam rekomendasinya.

Sementara itu, nilai tuakr rupiah terhadap dollar AS di pasar spot pagi ini masih bergerak di zona merah.

Melansir data Bloomberg, pukul 09.16 WIB  rupiah berada di posisi 14.467 per dollar AS, melemah 0,15 persen dibanding penutupan sebelumnya Rp 14.445 per dollar AS.

Baca juga: IHSG Ditutup Positif di Akhir Pekan, Saham-saham Ini Banyak Dibeli Asing

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual saham. Segala rekomendasi dan analisa saham berasal dari analis dari sekuritas yang bersangkutan, dan Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual saham.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com