Kebakaran Kilang Balongan: Dirut Pertamina Turun Tangan hingga Api Masih Menyala

Kompas.com - 30/03/2021, 09:43 WIB
Pertamina telah mengerahkan 10 mobil pemadam kebakaran (damkar) Pertamina Group menangani kebakaran di area Kilang Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3/2021). Dok. PertaminaPertamina telah mengerahkan 10 mobil pemadam kebakaran (damkar) Pertamina Group menangani kebakaran di area Kilang Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Insiden kebakaran yang terjadi di area kilang atau Refinery Unit (RU) VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, yang terjadi pada Senin (29/3/2021) dini hari, membuat banyak orang terkejut.

Kebakaran tersebut membuat kurang lebih 700 warga di sekitar area kilang hatus mengungsi ke wilayah yang lebih aman.

Berdasarkan keterangan awal dari pihak PT Pertamina (Persero), kebakaran terjadi pada Senin pukul 00.45 WIB, ketika sedang terjadi hujan deras disertai petir.

Pertamina bersama pihak terkait pun langsung melakukan upaya pemadaman disertai lokalisir kebakaran, agar tidak menjalar ke area lain.

Baca juga: Profil Kilang Minyak Balongan Pertamina yang Terbakar

Dirut Pertamina Turun ke Lapangan

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati langsung menuju ke lapangan untuk memastikan
penanganan insiden tanki T-301 di Area Kilang Balongan berjalan dengan baik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia mengatakan, kebakaran mulai terjadi di tangki T-301G, kemudiab merembet ke 3 unit tangki lainnya yaitu T-301E, T-301F, T-301G dan T-301H yang terletak dalam 1 bundwall.

"Kilang atau processing plant utama dalam kilang ini tidak terdampak. Jadi kebakaran hanya di daerah tangki saja," ujar Nicke.

Meskipun demikian, fasilitas kilang ini tengah dilakukan penghentian operasi atau normal shutdown untuk pengendalian arus minyak dan mencegah perluasan kebakaran.

"Kita pastikan ada pengendalian arus minyak dan mencegah terjadinya perluasan kebakaran," kata dia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.