Kompas.com - 30/03/2021, 18:08 WIB
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan tengah mengadakan rapat koordinasi secara daring membahas terkait percepatan pembangunan infrastruktur pengembangan Wilayah Provinsi Jawa Barat, di Jakarta, Selasa (16/2/2021). Dokumentasi Humas Kemenko MarvesMenko Marves Luhut Binsar Pandjaitan tengah mengadakan rapat koordinasi secara daring membahas terkait percepatan pembangunan infrastruktur pengembangan Wilayah Provinsi Jawa Barat, di Jakarta, Selasa (16/2/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pemerintah tidak ikut campur dalam kontestasi Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) periode 2021-2026.

Hal ini menjelaskan adanya pertemuan Luhut dengan beberapa orang pengurus Kadin Pusat dan daerah pada Senin (29/3/2021) kemarin.

"Pemerintah tidak memihak kandidat manapun dan justru mendukung Kadin yang bermartabat. Pilihlah dengan hati nurani siapa yang terbaik untuk memimpin Kadin ke depan. Perhatikan rekam jejak supaya dapat pilihan terbaik," kata Luhut melalui keterangan resminya, Selasa (30/3/2021).

Baca juga: Cari Partner Pengembangan Baterai Kendaraan Listrik, Erick Thohir dan Luhut akan ke AS

Lebih lanjut Luhut mengatakan, Kadin pada masa mendatang harus lebih fokus pada pemberdayaan daerah serta usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Pemerintah siap bekerja sama lebih erat dan efektif dengan Kadin Indonesia. 

Sementara itu, Juru Bicara Menko Marves Jodi Mahardi mengatakan bahwa Menko Luhut sempat membahas perihal pemilihan Calon Ketua Kadin periode mendatang kepada Presiden.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, bukan berarti ada keterlibatan pemerintah untuk mendukung salah satu calon ketua Kadin tersebut.

"Presiden menegaskan bahwa pemerintah tidak memiliki kepentingan mendukung salah satu calon, yang penting proses pemilihan berjalan demokratis dan yakin yang terpilih adalah yang terbaik untuk bangsa dan negara," ujarnya.

Baca juga: Soal Larangan Mudik Lebaran, Luhut: Memang Kita Enggak Punya Pilihan Banyak...

Pada Senin kemarin, Calon Ketua Umum Kadin Anindya Novyan Bakrie mendampingi sejumlah pengurus Kadin daerah bertemu dengan Luhut.

Dalam pertemuan tersebut, Anindya mengatakan, terdapat pembahasan mengenai berbagai macam kesempatan investasi pasca Covid-19, dengan adanya stimulus pemulihan ekonomi nasional (PEN), serta turunan dari Undang-Undang (UU) Cipta Kerja.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.