Kilang Balongan Kebakaran, Ahok Minta Dilakukan Evaluasi Menyeluruh

Kompas.com - 30/03/2021, 18:11 WIB
Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok saat mengunjungi lokasi tangki T-301 di area Kilang Balongan. Dokumentasi PertaminaKomisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok saat mengunjungi lokasi tangki T-301 di area Kilang Balongan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengunjungi lokasi tangki T-301 di area Kilang Balongan, Indramayu yang sempat mengalami insiden kebakaran beberapa waktu lalu.

Dalam kunjungannya, Ahok ditemani oleh Komisaris Pertamina lainnya, yakni Condro Kirono.

Saat melihat langsung ke lokasi kejadian, Dewan Komisaris Pertamina meminta agar dilakukan evaluasi secara menyeluruh atas insiden yang terjadi. Hal ini perlu dilakukan agar ke depannya tidak terulang kembali kejadian serupa.

Di sisi lain, Ahok pun mengapresiasi penanganan yang dilakukan Tim Pertamina, baik dalam upaya pemadaman api maupun penanganan warga terdampak.

“Saya mengapresiasi langkah-langkah yang telah dilakukan Pertamina untuk penanganan insiden dan dampaknya kepada masyarakat," ujar Basuki dalam keterangan tertulisnya, Selasa (30/3/2021).

Baca juga: Melihat Kembali Kilang-kilang Pertamina yang Pernah Terbakar

Saat menerima peninjauan tersebut, Chief Executive Officer (CEO) Refining & Petrochemical Subholding Pertamina, Djoko Priyono menyampaikan update terkait penanganan insiden serta warga yang terdampak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat kunjungan tersebut, Pertamina telah berhasil mengisolasi api sehingga tidak merambat ke tanki yang lain.

"Sejak kejadian, tanki yang terbakar dilakukan penyemprotan menggunakan foam dan api berhasil dilokalisir dengan adanya bundwall di sekitar tanki T-301," kata Djoko.

Untuk masyarakat yang terdampak, Djoko meyakinkan kepada Dewan Komisaris bahwa Pertamina akan memberikan perhatian penuh dengan menyiapkan tempat yang nyaman bagi warga untuk pengungsian sementara.

Sebelumnya diberitakan, PT Pertamina (Persero) memastikan, tidak ada korban jiwa dalam insiden kebakaran yang terjadi di Refinery Unit (RU) VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat.

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam insiden ini," kata Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, dalam konferensi pers virtual, Senin (29/3/2021).

Baca juga: Kilang Minyak Balongan Terbakar, Pertamina: Tidak Perlu Panic Buying

Terkait dengan insiden tersebut, Nicke pun memastikan, pasokan bahan bakar minyan (BBM) dan produk olahan minyak mentah lainnya masih dalam status aman.

“Masyarakat tidak perlu panik dengan isu-isu yang ada sehingga ada panic buying dan sebagainya karena pasokan tetap berjalan dengan aman dan lancar," tuturnya.

Pertamina disebut memiliki skenario penyaluran BBM di tengah kondisi darurat atau emergency, yakni dengan mengandalkan pasokan dari kilang-kilang lain ke area yang selama ini dilayani oleh Kilang Balongan.

Baca juga: Kilang Balongan Terbakar, Stok BBM dan Elpiji Nasional Masih Melimpah



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X