KILAS

Lindungi Buruh dan Keberlangsungan Usaha, Kemnaker Kampanyekan Budaya K3

Kompas.com - 30/03/2021, 20:03 WIB
Tangkapan layar acara Indonesia Conference & Competition of Occupational Safety and Health (OSH) oleh Kementerian Ketenagakerjaan pada Selasa (30/3/2021). Dok. Humas Kementerian KetenagakerjaanTangkapan layar acara Indonesia Conference & Competition of Occupational Safety and Health (OSH) oleh Kementerian Ketenagakerjaan pada Selasa (30/3/2021).

KOMPAS.com – Direktur Pengawasan Norma Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Ghazmahadi menyatakan, K3 merupakan kunci untuk meningkatkan produktivitas kerja.

Hal tersebut disampaikan Ghazmahadi secara virtual dalam acara Indonesia Conference & Competition of Occupational Safety and Health (OSH) di Jakarta, Selasa (30/3/2021).

Acara yang digelar oleh Kemnaker tersebut merupakan wujud dari upaya Kemnaker untuk mempromosikan kampanye K3, terutama di bulan K3 tahun 2021 ini.

“Pemerintah memahami bahwa sebagai regulator, perlu mendukung kegiatan-kegiatan yang dapat memberikan perlindungan pekerja atau buruh dan keberlangsungan usaha,” tutur Ghazmahadi.

Baca juga: Dorong Perluasan Kesempatan Kerja, Kemnaker Gelar Bazar Wirausaha Mikro

Menurutnya, keselamatan dan kesehatan kerja adalah isu yang mampu menjembatani kepentingan perlindungan pekerja serta keberlangsungan usaha.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia berharap masyarakat bisa semakin memahami pentingnya budaya tersebut dan bisa menerapkannya secara sederhana, mudah, dan murah.

"Contohnya ketika tempat kerja dibersihkan secara teratur satu kali sehari. Ini akan menurunkan risiko pekerja jatuh sakit akibat debu atau akibat jatuh karena lantai licin," terang Ghazmahadi memberi contoh.

Jika rutin melakukan aktivitas itu, imbuh dia, pekerja atau buruh bisa terus merasa aman dan senang dalam bekerja. Di sisi lain, produksi terus berjalan, keuntungan datang, dan pengusaha pun riang.

Baca juga: Lewat 4 Pedoman Ini, Kemnaker Akan Akselerasi Polteknaker

Untuk itu, Ghazmahadi menilai bahwa budaya keselamatan dan kesehatan kerja harus menjadi mindset yang terus dikembangkan.

Demi mempercepat pelaksanaan budaya K3, pemerintah telah membuat kebijakan perlindungan tenaga kerja lebih efektif dan efisien, dengan melibatkan unsur pekerja atau buruh, serta serikat pekerja atau buruh.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X