Mulai Besok, Gerbang Tol Akses Keluar Tol Cileunyi Dioperasikan Sementara

Kompas.com - 30/03/2021, 20:14 WIB
Progres fisik jalan layang dan underpas Tol Cisumdawu di wilayah Cileunyi sudah mencapai 70 persen, Senin (15/3/2021). AAM AMINULLAH/KOMPAS.com KOMPAS.COM/AAM AMINULLAHProgres fisik jalan layang dan underpas Tol Cisumdawu di wilayah Cileunyi sudah mencapai 70 persen, Senin (15/3/2021). AAM AMINULLAH/KOMPAS.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai dampak dari pembangunan Interchange (IC) Cileunyi yang akan terintegrasi dengan Ruas Jalan Tol Padaleunyi dan Tol Cisumdawu, Jasamarga Metropolitan Tollroad akan mengoperasikan Gerbang Tol (GT) sementara akses keluar Tol Cileunyi.

Pengoperasian gerbang tol sementara akses keluar Tol Cileunyi ini akan diberlakukan mulai Rabu (31/3/2021) besok.

General Manager Representative Office 3 Jasamarga Metropolitan Tollroad Thomas Dwiatmanto mengatakan bahwa GT sementara ini dioperasikan untuk tetap memastikan pelayanan kepada pengguna jalan tol di bidang layanan transaksi.

Baca juga: Mulai 26 Maret Jasa Marga Relokasi Akses Masuk "Contra Flow" Tol Dalam Kota

"Karena sebagian lokasi IC Cileunyi yang akan dibangun ada pada GT Cileunyi Satelit sehingga harus dilakukan pembongkaran dan sembari menunggu selesainya pembangunan gerbang tol baru oleh PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) sebagai gerbang integrasi antara Jalan Tol Padaleunyi dan Jalan Tol Cisumdawu. Guna memastikan pelayanan kepada pengguna jalan tol tetap maksimal maka kami mengoperasikan gerbang tol sementara ini," ujarnya melalui keterangan tertulis, Selasa (30/3/2021).

Lebih lanjut kata dia, walaupun gerbang tol tersebut hanya beroperasional sementara, namun perseroan tetap menjaga dan menjamin keamanan dan kenyamanan pengguna jalan tol dengan memastikan keberfungsian peralatan tol secara maksimal dan kelengkapan rambu-rambu pendukung.

Gerbang tol sementara itu nantinya akan mengoperasikan total tiga Gardu Tol Otomatis (GTO) Single, tiga GTO Multi dan enam Gardu Oblique Approach Booth (OAB). Namun demikian, saat ini masih memaksimalkan tiga GTO Single dan tiga GTO Multi.

Ditambah, dua GTO Single arah keluar di GT Cileunyi Utama yang masih tetap digunakan sehingga total gardu yang dioperasikan sebanyak delapan unit.

Baca juga: Hutama Karya Siap Tawarkan Jalan Tol Trans Sumatera ke LPI

 

Hal ini akan berlangsung sampai 6 gardu tol atau oblique approach booth (OAB) pada gerbang tol sementara selesai dibangun.

"Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan agar tetap berhati-hati dan pastikan kecukupan saldo uang elektroniknya. Lakukan pembaharuan informasi lalulintas dengan mengakses kanal informasi resmi milik Jasa Marga, di Call Center Jasa Marga 24 jam di nomor telepon 14080," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.