Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Besok, Gerbang Tol Akses Keluar Tol Cileunyi Dioperasikan Sementara

Kompas.com - 30/03/2021, 20:14 WIB
Ade Miranti Karunia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai dampak dari pembangunan Interchange (IC) Cileunyi yang akan terintegrasi dengan Ruas Jalan Tol Padaleunyi dan Tol Cisumdawu, Jasamarga Metropolitan Tollroad akan mengoperasikan Gerbang Tol (GT) sementara akses keluar Tol Cileunyi.

Pengoperasian gerbang tol sementara akses keluar Tol Cileunyi ini akan diberlakukan mulai Rabu (31/3/2021) besok.

General Manager Representative Office 3 Jasamarga Metropolitan Tollroad Thomas Dwiatmanto mengatakan bahwa GT sementara ini dioperasikan untuk tetap memastikan pelayanan kepada pengguna jalan tol di bidang layanan transaksi.

Baca juga: Mulai 26 Maret Jasa Marga Relokasi Akses Masuk "Contra Flow" Tol Dalam Kota

"Karena sebagian lokasi IC Cileunyi yang akan dibangun ada pada GT Cileunyi Satelit sehingga harus dilakukan pembongkaran dan sembari menunggu selesainya pembangunan gerbang tol baru oleh PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) sebagai gerbang integrasi antara Jalan Tol Padaleunyi dan Jalan Tol Cisumdawu. Guna memastikan pelayanan kepada pengguna jalan tol tetap maksimal maka kami mengoperasikan gerbang tol sementara ini," ujarnya melalui keterangan tertulis, Selasa (30/3/2021).

Lebih lanjut kata dia, walaupun gerbang tol tersebut hanya beroperasional sementara, namun perseroan tetap menjaga dan menjamin keamanan dan kenyamanan pengguna jalan tol dengan memastikan keberfungsian peralatan tol secara maksimal dan kelengkapan rambu-rambu pendukung.

Gerbang tol sementara itu nantinya akan mengoperasikan total tiga Gardu Tol Otomatis (GTO) Single, tiga GTO Multi dan enam Gardu Oblique Approach Booth (OAB). Namun demikian, saat ini masih memaksimalkan tiga GTO Single dan tiga GTO Multi.

Ditambah, dua GTO Single arah keluar di GT Cileunyi Utama yang masih tetap digunakan sehingga total gardu yang dioperasikan sebanyak delapan unit.

Baca juga: Hutama Karya Siap Tawarkan Jalan Tol Trans Sumatera ke LPI

 

Hal ini akan berlangsung sampai 6 gardu tol atau oblique approach booth (OAB) pada gerbang tol sementara selesai dibangun.

"Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan agar tetap berhati-hati dan pastikan kecukupan saldo uang elektroniknya. Lakukan pembaharuan informasi lalulintas dengan mengakses kanal informasi resmi milik Jasa Marga, di Call Center Jasa Marga 24 jam di nomor telepon 14080," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com