Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Padamkan Api di 2 Tangki Kilang Balongan

Kompas.com - 31/03/2021, 10:48 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) bersama pihak terkait masih berupaya melakukan pemadaman api di area Refinery (RU) Unit VI Balongan atau Kilang Balongan, Indramayu, Jawa Barat.

Senior Vice President Corporate Communication & Investor Relations Pertamina Agus Suprijanto melaporkan, sejak Senin (29/3/2021) hingga Rabu (31/3/2021) pagi hari, 2 dari 4 tangki yang terbakar sudah berhasil dipadamkan.

Ia membeberkan, tangki pertama berhasil dipadamkan apinya pada Rabu pukul 01.30 WIB, disusul 1 tanki lagi sekitar pukul 06.44 WIB.

"Alhamdulillah dua titik api telah berhasil dipadamkan, yaitu api di tanki T-301 H dan T-301 E. Dua tanki lainnya yaitu T-301F dan T-301G masih terus kita kerahkan," tutur Agus.

Baca juga: Mulai Besok, Hasil Tes GeNose Bisa Jadi Syarat Naik Pesawat

Lebih lanjut Agus menjelaskan, pengaturan orientasi peralatan fire fighting sudah dilakukan dan akan segera dimulai fire fighting kembali setelah peralatan on position, dengan sasaran 2 tanki yang masih terbakar, yaitu T-301F dan T-301G.

Untuk T-301H dan T-301E, meski api telah padam, pendinginan dengan fire truck masih terus dilakukan untuk memastikan agar tidak ada flash lagi.

Pada awal kejadian, Tim Emergency Pertamina telah melokalisasi titik api di dalam bundwall atau tanggul di sekeliling tangki T-301 dimana terdapat 4 Tanki penyimpanan BBM.

Pemadaman juga dilakukan dengan menggunakan Foam ke Perimeter Bundwall dan pusat nyala api serta mengerahkan 10 mobil pemadam kebakaran, yang terdiri dari Mobil Damkar Pertamina Group dan Pemda setempat.

"Pertamina tetap fokus memadamkan api di 2 Tanki lainnya dan terus mengerahkan segala daya dengan offensive fire handling," ucap Agus.

Baca juga: Terus Melemah, Rupiah Tembus Level Rp 14.510 Per Dollar AS

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com