Kebakaran di 3 dari 4 Tangki BBM Kilang Balongan Telah Padam

Kompas.com - 31/03/2021, 13:27 WIB
Pemadaman Kilang Balongan Humas PertaminaPemadaman Kilang Balongan

JAKARTA, KOMPAS.com - Api yang menjalar di tangki T-301G Kilang Balongan, Indramayu berhasil dipadamkan pada Rabu (31/3/2021) siang.

Dengan begitu, maka telah ada tiga tangki di kilang tersebut yang berhasil dipadamkan pada hari ini.

“Kabar gembira kembali kami peroleh, tangki T-301G telah padam dan ikhtiar tim emergency di lapangan terus berlanjut untuk mematikan api di tangki T301-F,” ujar Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations Pertamina, Agus Suprijanto dalam keterangan tertulisnya, Rabu.

Baca juga: Tidak Beroperasi Sementara, Bagaimana Nasib Serapan Gas dan Minyak Mentah ke Kilang Balongan?

Agus menjelaskan, skenario pemadaman titik api di tangki T-301F terus dilakukan.

Saat ini, tim emergency sedang mengarahkan pengaturan orientasi peralatan fire fighting dengan sasaran tangki T-301F yang masih menyisakan api.

“Diharapkan api di area tangki T-301 seluruhnya dapat padam hari ini. Kami masih terus melakukan upaya pendinginan di 3 tangki yang telah padam dan memastikan tidak ada potensi api muncul kembali. Kami mohon doa dari masyarakat Indonesia,” kata Agus.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya, Agus Suprijanto melaporkan, sejak Senin (29/3/2021) hingga Rabu (31/3/2021) pagi hari, 2 dari 4 tangki yang terbakar sudah berhasil dipadamkan.

Ia membeberkan, tangki pertama berhasil dipadamkan apinya pada Rabu pukul 01.30 WIB, disusul 1 tangki lagi sekitar pukul 06.44 WIB.

Baca juga: Melihat Kembali Kilang-kilang Pertamina yang Pernah Terbakar

"Alhamdulillah dua titik api telah berhasil dipadamkan, yaitu api di tangki T-301 H dan T-301 E. Dua tangki lainnya yaitu T-301F dan T-301G masih terus kita kerahkan," tutur Agus.

Agus menambahkan, pengaturan orientasi peralatan fire fighting sudah dilakukan dan akan segera dimulai fire fighting kembali setelah peralatan on position, dengan sasaran 2 tangki yang masih terbakar, yaitu T-301F dan T-301G.

Untuk T-301H dan T-301E, meski api telah padam, pendinginan dengan fire truck masih terus dilakukan untuk memastikan agar tidak ada flash lagi.

Pada awal kejadian, Tim Emergency Pertamina telah melokalisasi titik api di dalam bundwall atau tanggul di sekeliling tangki T-301, di mana terdapat 4 tangki penyimpanan BBM.

Baca juga: Kebakaran Kilang Balongan: Dirut Pertamina Turun Tangan hingga Api Masih Menyala

Pemadaman juga dilakukan dengan menggunakan foam ke perimeter bundwall dan pusat nyala api serta mengerahkan 10 mobil pemadam kebakaran, yang terdiri dari mobil damkar Pertamina Group dan Pemda setempat.

"Pertamina tetap fokus memadamkan api di 2 Tangki lainnya dan terus mengerahkan segala daya dengan offensive fire handling," ucap Agus.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.