Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menristek Sebut 2 Hal yang Harus Diadopsi agar UMKM Berkembang

Kompas.com - 31/03/2021, 14:46 WIB
Elsa Catriana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang Brodjonegoro mengatakan, akibat pandemi, banyak UMKM di Indonesia yang terpukul usaha bisnisnya.

Oleh sebab itu, dia menekankan sudah saatnya UMKM mengadopsi platform digital.

"Memanfaatkan layanan digital bisa mengefisienkan dan mendorong bisnis mereka dan saya pikir memang sudah saatnya UMKM kami mengadopsinya," ujarnya dalam diskusi webinar With the Economist yang disiarkan secara virtual, Rabu (31/3/2021).

Bambang membeberkan, ada dua hal yang harus diperhatikan UMKM ketika memanfaatkan adopsi digital.

Baca juga: Menkop UKM Ajak IMA Bersinergi Dukung UMKM Masuk E-commerce

 

Pertama yaitu UMKM harus mampu melatih kemampuannya dalam menggunakan layanan digital.

Dia menjelaskan, hal ini menjadi salah satu tantangan bagi UMKM ketika masuk ke platform digital. Sebab, menurut dia, tidak semua UMKM mahir atau melek akan digital.

Selain itu, Bambang juga mengatakan, UMKM didorong untuk memanfaatkan layanan pembayaran secara digital.

Layanan ini pun semakin memungkinkan untuk terus digunakan, apalagi di tengah pandemi, para konsumen lebih cenderung melakukan transaksi secara cashless.

Lalu, yang kedua adalah UMKM harus memperhatikan kualitas produksinya. Dia menjelaskan, di pasar digital para UMKM akan memiliki banyak saingan. Oleh sebab itu, agar UMKM Indonesia bisa dilirik banyak konsumen, harus memiliki produk-produk yang berkualitas baik.

"Sebenarnya banyak UMKM Indonesia yang tidak benar-benar siap, padahal mereka menghasilkan produk yang bagus, tetapi mereka tidak bisa menyelesaikan masalah tersebut karena banyak kendala," jelas dia.

Baca juga: BSI Bakal Fokus ke Pengembangan UMKM dan Layanan Digital

Dia menambahkan, sejauh ini pemerintah tidak tinggal diam. Sebab, pemerintah memiliki berbagai program untuk mendorong UMKM agar mau masuk ke layanan digital.

"Selain itu, pemerintah juga menyelenggarakan program untuk membimbing para UMKM dan memberi berbagai pelatihan bagaimana mereka bisa mengembangkan bisnisnya," jelas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com