Menristek Sebut 2 Hal yang Harus Diadopsi agar UMKM Berkembang

Kompas.com - 31/03/2021, 14:46 WIB
Menristek Bambang Brodjonegoro pada Peringatan 1 Tahun Pandemi Covid-19 di Indonesia, Selasa (2/3/2021). Tangkapan layar Zoom KemenristekMenristek Bambang Brodjonegoro pada Peringatan 1 Tahun Pandemi Covid-19 di Indonesia, Selasa (2/3/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang Brodjonegoro mengatakan, akibat pandemi, banyak UMKM di Indonesia yang terpukul usaha bisnisnya.

Oleh sebab itu, dia menekankan sudah saatnya UMKM mengadopsi platform digital.

"Memanfaatkan layanan digital bisa mengefisienkan dan mendorong bisnis mereka dan saya pikir memang sudah saatnya UMKM kami mengadopsinya," ujarnya dalam diskusi webinar With the Economist yang disiarkan secara virtual, Rabu (31/3/2021).

Bambang membeberkan, ada dua hal yang harus diperhatikan UMKM ketika memanfaatkan adopsi digital.

Baca juga: Menkop UKM Ajak IMA Bersinergi Dukung UMKM Masuk E-commerce

 

Pertama yaitu UMKM harus mampu melatih kemampuannya dalam menggunakan layanan digital.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia menjelaskan, hal ini menjadi salah satu tantangan bagi UMKM ketika masuk ke platform digital. Sebab, menurut dia, tidak semua UMKM mahir atau melek akan digital.

Selain itu, Bambang juga mengatakan, UMKM didorong untuk memanfaatkan layanan pembayaran secara digital.

Layanan ini pun semakin memungkinkan untuk terus digunakan, apalagi di tengah pandemi, para konsumen lebih cenderung melakukan transaksi secara cashless.

Lalu, yang kedua adalah UMKM harus memperhatikan kualitas produksinya. Dia menjelaskan, di pasar digital para UMKM akan memiliki banyak saingan. Oleh sebab itu, agar UMKM Indonesia bisa dilirik banyak konsumen, harus memiliki produk-produk yang berkualitas baik.

"Sebenarnya banyak UMKM Indonesia yang tidak benar-benar siap, padahal mereka menghasilkan produk yang bagus, tetapi mereka tidak bisa menyelesaikan masalah tersebut karena banyak kendala," jelas dia.

Baca juga: BSI Bakal Fokus ke Pengembangan UMKM dan Layanan Digital

Dia menambahkan, sejauh ini pemerintah tidak tinggal diam. Sebab, pemerintah memiliki berbagai program untuk mendorong UMKM agar mau masuk ke layanan digital.

"Selain itu, pemerintah juga menyelenggarakan program untuk membimbing para UMKM dan memberi berbagai pelatihan bagaimana mereka bisa mengembangkan bisnisnya," jelas dia.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.