Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KoinWorks Genjot Penyaluran Pembiayaan UKM Jelang Ramadhan

Kompas.com - 31/03/2021, 15:51 WIB
Elsa Catriana,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - KoinWorks akan menggenjot penyaluran pembiayaan alternatif bagi pelaku UKM digital sektor e-commerce untuk memaksimalkan bisnis menjelang dan selama bulan suci Ramadhan.

Chief of Operating Officer KoinWorks Bernard Arifin mengatakan, hal ini harus dilakukan mengingat pelaku UKM digital harus menyiapkan dana tambahan guna melakukan stok barang, atau mengeluarkan produk baru khusus periode Ramadhan bagi pelanggannya.

"Kami sebagai platform pembiayaan produktif siap memberikan penawaran dan pelayanan terbaik guna menjawab kebutuhan ini, apalagi kami sudah memiliki banyak partner di ekosistem digital UKM yang memudahkan pelaku untuk mengakses pembiayaan secara mudah dan cepat," ujar Bernard dalam siaran persnya, dikutip Kompas.com, Rabu (31/3/2021).

Baca juga: KoinWorks Catatkan Tren Peminjaman Dana untuk UMKM 2020 Cukup Tinggi, Bagaimana di 2021?

Bernard menambahkan, di KoinWorks, sejak Februari lalu permintaan pinjaman di KoinBisnis naik hingga 40 persen.

Sementara itu, berdasarkan catatan KoinWorks, rata-rata permintaan pinjaman dari para pelaku UKM digital e-commerce menuju Ramadhan ini tercatat sekitar Rp 50 juta-100 juta dengan tenor pinjaman rata-rata 12 bulan.

Pihaknya pun baru-baru ini telah bekerja sama dengan beberapa platform e-commerce besar tanah air melalui KoinBisnis dengan memberikan berbagai program promo menarik untuk mendukung para online seller untuk memaksimalkan penjualannya di bulan Ramadhan.

Salah satunya memberikan potongan biaya origination fee hingga 50 persen dan program instant approval untuk pinjaman maksimal Rp 50 juta mulai pertengahan bulan April nanti.

Baca juga: Menkop UKM Ajak IMA Bersinergi Dukung UMKM Masuk E-commerce

Namun, untuk program instant approval ini tentunya juga dilakukan dengan syarat dan ketentuan yang ketat, sehingga proses penilaian kredit pun tetap dilakukan sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan sebelumnya.

Selain fokus untuk memberikan solusi pembiayaan kepada pelaku UKM digital di Indonesia dalam menyambut Ramadhan, KoinWorks juga berkomitmen untuk terus memastikan terjaganya nilai NPL, dengan menjalankan prinsip Responsible Lending dan melakukan penyesuaian sistem credit scoring secara berkala, menyesuaikan kondisi ekonomi dan bisnis yang berjalan.

"Hal tersebut tentunya kami terapkan untuk menjaga kepercayaan pendana untuk dapat membantu mendanai ratusan ribu bisnis para pelaku UKM Digital di Indonesia," tutup Bernard.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com