Kompas.com - 31/03/2021, 15:55 WIB
Ilustrasi rupiah dan dollar AS THINKSTOCKSIlustrasi rupiah dan dollar AS

JAKARTA, KOMPAS.comNilai tukar rupiah terdap dollar AS di pasar spot melemah pada Rabu (31/3/2021).

Melansir Bloomberg, rupiah ditutup pada level Rp 14.525 per dollar AS atau melemah 45 poin atau 0,31 persen dibanding penutupan sebelumnya Rp 14.480 per dollar AS.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan, pelemahan rupiah terjdai karena sentimen eksteral yakni penguatan dollar AS menguat terhadap mata uang utama, dan kenaikan imbal hasil Treasury AS 10 tahun.

Baca juga: Yield Treasury AS Diprediksi Sentuh 1,9 Persen, Bagaimana Dampaknya ke Emas dan Rupiah?

“Percepatan vaksinasi AS dan rencana paket stimulus utama memicu ekspektasi inflasi dan meningkatkan imbal hasil obligasi,” kata Ibrahim dalam siaran pers.

Imbal hasil Treasury AS 10 tahun naik ke level tertinggi dalam 14 bulan, naik 0,7 bps menjadi 2,33 perse, disusul sikap dovish The Fed meningkatkan kekhawatiran inflasi.

Di sisi lain, investor masih menantikan rilis data ekonomi, seperti perkiraan pertumbuhan ekonomi global pada 2021 dan 2022 dari Dana Moneter Internasional.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Investor juga menunggu laporan data ketenagakerjaan AS untuk bulan Maret, termasuk non-farm payrolls.

Dari domestik, ekspektasi kekhawatiran inflasi AS berdampak terhadap perekonomian negara-negara berkembang salah satunya Indonesia.

Baca juga: Terus Melemah, Rupiah Tembus Level Rp 14.510 Per Dollar AS

 

Bank Indonesia sampai saat ini terus membantu dan mengendalikan gejolak mata uang rupiah akibat pandemi Covid-19.

Di sisi lain, pelemahan rupiah terjadi karena tingginya permintaan valuta asing (valas) korporasi jelang akhir kuartal, karena ada kewajiban pembayaran dividen, utang jatuh tempo, dan sebagainya.

“Rupiah jadi banyak dilepas untuk ditukar dengan valas, utamanya dollar AS. Faktor musiman ini yang membuat rupiah melemah,” jelas dia.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.