Pasca-Kebakaran Kilang, Pertamina: Stok Pertaseries Cukup untuk 27 Hari, Elpiji 17 Hari

Kompas.com - 01/04/2021, 05:18 WIB
Ilustrasi SPBU Pertamina. KOMPAS/HERU SRI KUMOROIlustrasi SPBU Pertamina.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) kembali memastikan, pasokan bahan bakar minyak (BBM) aman, meskipun Kilang Balongan belum beroperasi akibat kebakaran yang terjadi pada Senin (29/3/2021) dini hari.

Untuk memastikan kecukupan pasokan, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati memantau langsung Command Operation Center Digitalisasi yang terletak di Telkom Legok, Tangerang, Banten.

Nicke menjelaskan, dengan sistem digitalisasi yang terkontrol, Pertamina dapat memantau ketersediaan stok dan proses penyaluran BBM secara akurat dan realtime.

Baca juga: Pertamina Sudah Padamkan Api di 3 Tangki Kilang Balongan

“Dengan selesainya digitalisasi SPBU, memudahkan Pertamina untuk melakukan antisipasi ketika terjadi bencana, baik gempa atau banjir dan juga ketika terjadi kebakaran di tangki,” tuturnya dalam keterangan tertulis, Kamis (1/4/2021).

“Pertamina bisa melihat spot atau SPBU yang kosong dan bisa segera merencanakan pengiriman,” tambah Nicke.

Nicke menegaskan, sejak awal terjadinya insiden tangki di Kilang Balongan, Pertamina menerapkan rencana Regular, Alternative and Emergency (RAE) dimana pasokan BBM dari kilang Balongan digantikan oleh Kilang Cilacap dan TPPI. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, CEO Commercial and Trading Subholding Pertamina atau PT Patra Niaga Mas'ud Khamid membeberkan saat ini stok BBM dan Avtur serta elpiji dalam kondisi aman.

Baca juga: Kilang Minyak Balongan Terbakar, Pertamina: Tidak Perlu Panic Buying

Ia merinci, untuk Biosolar stoknya saat ini mencapai 22 hari, Pertaseries dan Premium 27 hari, Avtur 74 hari, dan elpiji 17 hari.

“Stok BBM sangat aman dan pada Minggu pertama  Ramadhan, khusus untuk stok elpiji akan dinaikan 10 persen, karena kebutuhannya akan meningkat,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.