Bank Mandiri Blokir Kartu ATM Gesek Mulai Hari Ini, Segera Ganti Kartumu

Kompas.com - 01/04/2021, 08:11 WIB
Ilustrasi kartu ATM Shutterstock.comIlustrasi kartu ATM

JAKARTA, KOMPAS.com - Per hari ini, Kamis (1/4/2021), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk mulai memblokir kartu kartu ATM lama berbasis magnetic stripes.

Adapun pemblokiran dilakukan pada kartu ATM magnetic stripes dengan expiry date tahun 2021-2022. Hal itu diungkapkan Corporate Secretary Bank Mandiri Rudi As Aturridha beberapa waktu lalu.

Dengan pemblokiran, nasabah yang masih menggunakan kartu ATM ini lantas tak bisa lagi bertransaksi menggunakan kartu ini.

Baca juga: Bank Mandiri Salurkan Tali Asih dari Kemensos untuk 26.000 Tagana

"Untuk percepatan konversi ke kartu chip, Bank Mandiri juga akan menerapkan pemblokiran kartu debit magnetic stripe secara bertahap. Pemblokiran akan dilakukan dalam tiga tahap yaitu tahap pertama pada 1 April 2021 untuk kartu dengan expiry date 2021-2022," kata Rudi beberapa waktu lalu.

Penggantian kartu ATM berbasis magnetic stripes ke kartu ATM berbasis chip ini sesuai arahan Bank Indonesia.

Ketentuan diatur dalam Surat Edaran Bank Indonesia No. 17/52/DKSP terkait Implementasi Standar Nasional Teknologi Chip untuk Kartu ATM dan/atau Kartu Debet.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara pemblokiran tahap kedua bakal dilakukan pada 1 Juni 2021. Pemblokiran bakal dilakukan untuk kartu dengan expiry date 2023-2025.

Lalu tahap ketiga bakal dimulai pada 1 Juli 2021 untuk kartu dengan expiry date 2026-ke atas.

"Bank Mandiri menargetkan angka jumlah kartu chip dapat mencapai 100 persen di tahun 2021 sesuai dengan arahan regulator," ungkapnya.

Bagi kamu yang masih memiliki ATM Mandiri berbasis magnetic stripes, segera tukar kartumu ke ATM berbasis chip agar tak diblokir.

Baca juga: Jadwal Pemblokiran Kartu ATM Lama Bank Mandiri, BNI, dan BCA

Penggantian kartu ini bisa dilakukan di cabang Bank Mandiri terdekat. Penggantian juga bisa dilakukan di Mandiri CS Machine yang berada di 5 lokasi.

"Di antaranya Jakarta Pondok Indah Mall, Senayan City Mall, Kota Kasablanka Mall, Mandiri Cabang Depok, dan Mandiri Cabang Bekasi Juanda," papar Rudi.

Sebagai informasi, hingga 28 Februari 2021, jumlah kartu debit chip Bank Mandiri mencapai 11,36 juta kartu atau 78,3 persen dari jumlah kartu dipersyaratkan chip.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X