E-commerce hingga Pinjol Bakal Meningkat Pesat di 177 Kota Luar Jabodetabek

Kompas.com - 01/04/2021, 10:04 WIB
Ilustrasi e-commerce usabilitygeek.comIlustrasi e-commerce

JAKARTA, KOMPAS.com - Riset Alpha JWC Ventures menemukan, terdapat 3 sektor business to consumer (BtoC) yang bakal meningkat pesat di kota/kabupaten di luar kota metropolitan pada tahun 2025.

Penelitian itu terangkum dalam laporan bertajuk "Unlocking The Next Wave of Digital Growth: Beyond Metropolitan Indonesia" oleh Alpha JWC & Kearney.

"Ada 3 sektor B to C, yaitu e-commerce, lending (pembiayaan), dan payment (pembayaran) yang kami proyeksikan dalam jangka waktu 5 tahun mendatang akan tumbuh," kata Principal Kearney, Rinaldo Augusta dalam media briefing, Rabu (31/3/2021).

Baca juga: Ini Tips Mengajukan Pinjaman Lewat Aplikasi Pinjol

Rinaldo menyebut, terdapat 177 kota di luar kota metropolitan, dengan 6 di antaranya, Semarang, Denpasar, Makassar, Magelang, Prabumulih, dan Bangli.

Kota tersebut merupakan kota dalam tingkatan ke-2/area rising urbanities (Semarang, Denpasar, Makassar) dan tingkatan ke-3/slow adopters (Magelang, Prabumulih, Bangli).

Sistem tiering (tingkatan) didasarkan pada pengeluaran per kapita, ukuran populasi, penetrasi internet, pertumbuhan PDB provinsi, dan kepadatan populasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Adopsi 3 sektor (e-commerce, lending, dan payments) di kota itu akan mencapai fase mass adoption, yaitu penggunaan digital platform menjadi hal umum dan massal," ungkap Rinaldo.

Sektor e-Commerce

Platform belanja online (e-Commerce) diproyeksi akan meningkat pesat di kota-kota tier 2 dan tier 3, dengan angka mencapai 40 persen per tahun.

Kontribusi itu membuat kontribusi kota tier 2-3 terhadap pasar e-commerce mencapai 50 persen pada tahun 2025 mendatang, dari yang semula hanya mencapai 30 persen.

Sejalan dengan pertumbuhan e-commerce, ada beberapa sektor pendukung yang ikut terdorong, seperti logistik untuk pengiriman barang, sektor pembayaran digital, dan sektor pembiayaan (lending/paylater).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.