Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iseng-iseng Bisnis Camilan, Idenya dari Tugas Sekolah Anak

Kompas.com - 01/04/2021, 11:40 WIB
Sri Noviyanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Selama masa pandemi, tak sedikit masyarakat yang mulai melakoni bisnis rumahan. Bidangnya bermacam-macam, mulai dari bisnis tanaman hias, peranti berbahan kayu, aksesori, hingga makanan.

Dari keseluruhan bidang bisnis, makanan adalah salah satu yang paling populer.

Dari data 12 bulan terakhir, Google Trend menunjukkan pencarian terkait ide bisnis rumahan meningkat sebanyak lebih dari 300 persen. Adapun pencarian terkait ide bisnis makanan meningkat hingga 250 persen.

Adaptasi masyarakat untuk melakukan lebih banyak aktivitas dari rumah menjadi salah satu sebabnya. Begitu juga yang dirasakan oleh Liza Susanto, pemilik bisnis camilan cokelat truflle Chocloud by Nadi.

Bisnis yang dilakoni Liza baru dimulai pada 2020. Saat ini, operasionalnya juga belum genap satu tahun.

Ia mengaku, bisnisnya berawal dari ketidaksengajaan. Bahkan, ide bisnis datang dari tugas sekolah anaknya, Nadi. Karenanya, nama itu juga yang ia sematkan untuk brand cokelat buatannya.

“Awalnya tugas sekolah. Kami mulai produksi di dapur rumah dengan satu varian rasa, yaitu Classic dan mulai menjualnya,” ujar Liza kepada Kompas.com, Rabu (31/3/2021).

Melakoni bisnis ini, Liza hanya iseng-iseng saja. Tak disangka-sangka, bisnis itu malah laku. Orderan cokelatnya semakin banyak. Dari situ, ia terpikir untuk serius pada bisnis ini.
Sebagai informasi, Liza saat ini berdomisili di Bandung.

Selama ini, Kota Bandung sudah dikenal dengan beragam camilan unik yang enak. Hadirnya produk Chocloud by Nadi menambah panjang daftar camilan enak di Kota Kembang itu.

Lembut dan manisnya bisnis cokelat

Hingga saat ini, Liza menjalani bisnisnya dari rumah karena belum memiliki outlet. Meski demikian, bisnisnya tetap laris manis lantaran dirinya kerap berinovasi.

Bahkan, ia juga sudah memiliki jaringan trusted reseller di beberapa wilayah. Di antaranya Jabodetabek, Yogyakarta, Surabaya, Serang, Karawang, hingga Denpasar.

Saat ini, produk cokelat bikinannya juga tak terbatas pada rasa Classic. Belakangan, pihaknya juga bekerja sama dengan Nestle untuk menghadirkan varian rasa KitKat.

“(Nanti) April (2021) kami mau menghadirkan varian Chocloud Mixmatch yang memberi sensasi rasa matcha atau teh hijau,” tambahnya.

Liza menambahkan, produk cokelatnya juga cocok dijadikan buah tangan atau antaran untuk orang tersayang.

“(Untuk antaran atau kado), kami melayani pembuatan custom greeting cards yang ditulis tangan langsung untuk menyampaikan pesan Anda,” jelasnya.

Varian rasa KitKat produksi cokelat truffle dari Chocloud by Nadi hasil kolaborasi bersama Nestle.Dok Chocloud by Nadi Varian rasa KitKat produksi cokelat truffle dari Chocloud by Nadi hasil kolaborasi bersama Nestle.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com