Kompas.com - 01/04/2021, 11:40 WIB
Cokelat truffle milik Chocloud by Nadi merupakan camilan yang diproduksi dapur rumahan di Bandung. Dok Chocloud by NadiCokelat truffle milik Chocloud by Nadi merupakan camilan yang diproduksi dapur rumahan di Bandung.
|

BANDUNG, KOMPAS.com - Selama masa pandemi, tak sedikit masyarakat yang mulai melakoni bisnis rumahan. Bidangnya bermacam-macam, mulai dari bisnis tanaman hias, peranti berbahan kayu, aksesori, hingga makanan.

Dari keseluruhan bidang bisnis, makanan adalah salah satu yang paling populer.

Dari data 12 bulan terakhir, Google Trend menunjukkan pencarian terkait ide bisnis rumahan meningkat sebanyak lebih dari 300 persen. Adapun pencarian terkait ide bisnis makanan meningkat hingga 250 persen.

Adaptasi masyarakat untuk melakukan lebih banyak aktivitas dari rumah menjadi salah satu sebabnya. Begitu juga yang dirasakan oleh Liza Susanto, pemilik bisnis camilan cokelat truflle Chocloud by Nadi.

Bisnis yang dilakoni Liza baru dimulai pada 2020. Saat ini, operasionalnya juga belum genap satu tahun.

Ia mengaku, bisnisnya berawal dari ketidaksengajaan. Bahkan, ide bisnis datang dari tugas sekolah anaknya, Nadi. Karenanya, nama itu juga yang ia sematkan untuk brand cokelat buatannya.

“Awalnya tugas sekolah. Kami mulai produksi di dapur rumah dengan satu varian rasa, yaitu Classic dan mulai menjualnya,” ujar Liza kepada Kompas.com, Rabu (31/3/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Melakoni bisnis ini, Liza hanya iseng-iseng saja. Tak disangka-sangka, bisnis itu malah laku. Orderan cokelatnya semakin banyak. Dari situ, ia terpikir untuk serius pada bisnis ini.
Sebagai informasi, Liza saat ini berdomisili di Bandung.

Selama ini, Kota Bandung sudah dikenal dengan beragam camilan unik yang enak. Hadirnya produk Chocloud by Nadi menambah panjang daftar camilan enak di Kota Kembang itu.

Lembut dan manisnya bisnis cokelat

Hingga saat ini, Liza menjalani bisnisnya dari rumah karena belum memiliki outlet. Meski demikian, bisnisnya tetap laris manis lantaran dirinya kerap berinovasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.