BPS Catat Ada Penurunan Harga Mobil di 46 Kota, Tertinggi di Manado

Kompas.com - 01/04/2021, 16:41 WIB
Ilustrasi pameran mobil Stanly/OtomaniaIlustrasi pameran mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan adanya penurunan harga di beberapa kota di Indonesia.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Setianto mengatakan, dari 90 kota Indeks Harga Konsumen (IHK), ada 46 kota yang mengalami penurunan harga mobil.

Penurunan harga mobil tertinggi terjadi di Manado.

Baca juga: BPS Ungkap Indonesia Masih Impor Beras 356.286 Ton di 2020

Penurunan harga mobil tersebut merupakan dampak dari pemberlakuan kebijakan diskon Pajak Pembelian atas Barang Mewah (PPnBM).

"Tentu ini berdampak ke penurunan beberapa harga mobil baru di berbagai kota. Dari 90 kota IHK tercatat ada 46 kota yang terjadi penurunan harga, ini tertinggi di Manado," jelas Setianto dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (1/4/2021).

BPS mencatat, pada Februari 2021, harga mobil menyumbang andil yang cukup besar terhadap deflasi inflasi inti.

Setianto mengatakan, harga mobil memiliki bobot terhadap deflasi sebesar minus 1,39 persen dengan andil minus 0,03 persen.

Sementara perubahan harga mobil tercatat sebesar minus 1,54 persen.

Baca juga: Langsung Jadi CPNS BPS, Berapa Gaji Lulusan Sekolah Kedinasan STIS?

Berdasarkan data BPS, penurunan harga mobil terjadi pada tipe mobil dengan kapasitas silinder mesin di bawah 1.500 cc yang terdampak kebijakan diskon PPnBM.

"Dari data lapangan yang kita tangkap memang di Bulan Maret ini terjadi penurunan harga mobil. Beberapa merek kita mempunyai data terjadi penurunan untuk mobil kelas 1.500 cc," jelas Setianto.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X