KILAS

Sukses Luncurkan "Mang Covid", Kemnaker Sabet Merdeka Award

Kompas.com - 01/04/2021, 17:44 WIB
Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemnaker Anwar Sanusi saat menerima penghargaan Merdeka Award 2021 di Jakarta, Rabu (31/3/2021).
DOK. Humas Kemnaker Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemnaker Anwar Sanusi saat menerima penghargaan Merdeka Award 2021 di Jakarta, Rabu (31/3/2021).

KOMPAS.com - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) meraih penghargaan Merdeka Award 2021. Penghargaan ini diraih sebagai bentuk apresiasi atas keberhasilan Kemnaker meluncurkan program manajemen pencegahan Covid-19 (Mang Covid).

Mang Covid merupakan program pelatihan Kemnaker sebagai mitigasi dan penanganan terhadap dampak pandemi Covid-19.

"Kemnaker mengucapkan terima kasih atas penghargaan Merdeka Award karena memberikan apresiasi pada program yang kami kembangkan," ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemnaker Anwar Sanusi, seperti dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima, Kamis (1/4/2021).

Lebih lanjut, ia mengatakan, Mang Covid adalah program pelatihan yang memiliki tiga sasaran utama.

Baca juga: Lindungi Buruh dan Keberlangsungan Usaha, Kemnaker Kampanyekan Budaya K3

Sasaran pertama, pencegahan penularan Covid-19. Kedua, penyaluran kerja korban pemutusan hubungan kerja (PHK). Ketiga, pertolongan bagi kaum disabilitas serta pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Dalam penanganan Covid-19, kami melibatkan perusahaan dan dunia industri. Melalui program Mang Covid, para peserta bisa berkembang menjadi wirausaha mandiri dan pelaku UMKM, " kata Anwar, seusai menerima penghargaan Merdeka Award 2021 di Jakarta, Rabu (31/3/2021).

Menurutnya, pandemi Covid-19 memberikan dampak luar biasa di bidang ketenagakerjaan.

Dampak tersebut terbukti dari data yang dihimpun Kemnaker. Terdapat 29,2 juta pekerja terdampak pandemi Covid-19, mulai dari pekerja yang dirumahkan, hingga pekerja yang ter-PHK.

Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi saat menerima penghargaan Merdeka Award 2021 di Jakarta, Rabu (31/3/2021).DOK. Humas Kemnaker Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi saat menerima penghargaan Merdeka Award 2021 di Jakarta, Rabu (31/3/2021).

"Pemerintah melalui Kemnaker terus berupaya secara maksimal agar dampak Covid-19 bisa diminimalkan. Salah satu upaya yang kami luncurkan adalah Mang Covid. Mudah-mudahan, program ini menjadi ikhtiar untuk meminimalkan dampak Covid-19," ujar Anwar.

Untuk mewujudkan hal itu, Kemnaker memiliki tugas untuk meningkatkan kreativitas dan keterampilan, salah satu caranya adalah dengan mendorong wirausahawan baru.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.