BI Masih Buka Peluang Turunkan Suku Bunga Acuan

Kompas.com - 01/04/2021, 18:50 WIB
Ilustrasi Bank Indonesia (BI). SHUTTERSTOCKIlustrasi Bank Indonesia (BI).
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) menyatakan, potensi penurunan suku bunga acuan BI 7 day reverse repo rate masih sangat terbuka, meskipun saat ini suku bunga acuan sudah berada di level terendah sepanjang masa.

Deputi Gubernur Senior BI Destry Damayanti mengatakan, rendahnya tingkat inflasi yang merupakan salah satu indikator makro, menjadi salah satu alasan ruang penurunan suku bunga acuan masih terbuka.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), tingkat inflasi tahunan nasional sampai dengan Maret 2021 masih mencapai 1,37 persen.

Menurut Destry, hal tersebut merefleksikan rendahnya permintaan dari masyarakat terhadap berbagai komoditas.

"Boleh dibilang tidak ada tekanan inflasi saat ini," katanya dalam sebuah diskusi virtual, Kamis (1/4/2021).

Baca juga: Kemnaker Bersama Kemendes dan UNISA Berdayakan Masyarakat Desa, Ini Tiga Poin Kerja Samanya

Selain itu, indikator perekonomian nasional lain seperti kinerja ekspor atau defisit transaksi berjalan (current account deficit/CAD), dinilai masih cukup terjaga dengan baik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Oleh karena itu, mengacu kepada indikator-indikator tersebut, Destry tidak menutup kemungkinan BI akan kembali menurunkan suku bunga acuan.

"Karena secara fundamental ruang penurunan suku bunga sangat terbuka," kata dia.

Destry sekaligus menyatakan bahwa BI belum akan melakukan kenaikan suku bunga acuan seperti yang dilakukan oleh bank sentral Turki dan Brazil.

Pasalnya, berbeda dengan Indonesia, kedua negara tersebut memiliki tekanan inflasi yang cukup kuat.

"Ada Turki naikin (suku bunga) 200 basis poin, Brazil 75 basis poin, itu struktur ekonominya beda dengan kita. Di dua negara itu mereka punya tekanan inflasi," ucapnya.

Saat ini suku bunga acuan BI 7 day repo rate reverse berada di level 3,5 persen, terendah sepanjang sejarah.

Baca juga: Pertamina Percepat Proses Investigasi Kebakaran Kilang Balongan



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X