Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut 5G, Anak Usaha Telkom Akan Bertransformasi Jadi Perusahaan Infrastruktur Digital

Kompas.com - 01/04/2021, 20:41 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Anak usaha PT Telkom (Persero) Tbk, PT Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel) akan bertransformasi dari bisnis menara telekomunikasi menuju ke bisnis infrastruktur digital. Hal ini dilakukan demi beradaptasi dengan perkembangan teknologi menuju era 5G.

Direktur Utama Mitratel Theodorus Ardi Hartoko mengatakan, saat ini Mitratel memiliki lebih dari 22.000 menara telekomunikasi yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Ke depan Mitratel akan bertransformasi dari tower business menuju digital infrastructure company dengan salah satu prioritas strategi bisnis, yaitu tetap agresif memacu pertumbuhan perusahan dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi menuju era 5G,” ujar Theodorus dalam keterangan tertulisnya, Kamis (1/4/2021).

Pria yang akrab disapa Teddy itu menambahkan, berbagai langkah strategis telah dilakukan Mitratel untuk terus memperkuat bisnis menara telekomunikasi.

Baca juga: 23 Startup RI Bakal Tampil di Pameran Teknologi Jerman

Hal ini dilakukan dalam upaya meningkatkan value creation bisnis tower dan memastikan ketersediaan infrastruktur jaringan yang berkualitas.

Menurut dia, pihaknya akan tetap agresif dalam memacu pertumbuhan perusahaan baik secara organik maupun inorganik demi memacu perbaikan fundamental bisnis dengan peningkatan performa keuangan dan perbaikan proses internal.

“Mitratel masih akan terus melakukan ekspansi untuk mendukung peningkatan kualitas jaringan dan memperluas jangkauan layanannya, terlebih menghadapi pengembangan teknologi 5G yang akan segera diimplementasikan di Indonesia,” kata dia.

Dengan demikian, harapannya Mitratel sebagai salah satu provider menara telekomunikasi dapat mengambil peranan penting dalam pembangunan infrastruktur yang mendukung konektivitas data yang lebih cepat, termasuk fiberisasi jaringan pada menara telekomunikasi.

Baca juga: Hati-hati, Banyak Akun Bareksa Palsu di Telegram

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com