Sektor Keuangan Tertekan dalam Sepekan, IHSG Terkoreksi Hampir 3 Persen

Kompas.com - 02/04/2021, 09:18 WIB
Ilustrasi: Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGIlustrasi: Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI)

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam sepekan mencatatkan penurunan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) 2,97 persen.

Terakhir, IHSG ditutup pada posisi 6.011,45 atau turun dibanding pekan lalu 6.195,56.

Sekretaris Perusahaan PT Bursa Efek Indonesia Yulianto Aji Sadono mengatakan, dalam periode perdagangan selama sepekan ini rata-rata nilai transaksi harian bursa mengalami perubahan sebesar 0,60 persen atau menjadi Rp 10,62 triliun dibanding pekan lalu Rp 10,6 triliun.

Baca juga: Mau Dapat Pendanaan dari Bursa? Simak Syarat dan Cara IPO

“Pasar Modal Indonesia sampai dengan saat ini telah memperoleh kapitalisasi pasar sebesar Rp 7.101,430 triliun atau mengalami penurunan sebesar 2,85 persen selama sepekan dibandingkan pekan sebelumnya yang berada pada posisi Rp 7.309,902 triliun,” jelas Yulianto dalam siaran pers, Kamis (1/4/2021).

Sedangkan untuk rata-rata frekuensi harian turut mengalami perubahan sebesar 8,96 persen menjadi 1 juta kali transaksi dibandingkan pada penutupan pekan sebelumnya yang mencatatkan 1,1 juta kali transaksi.

Rata-rata volume transaksi harian juga mengalami penurunan sebesar 12,51 menjadi 13,6 miliar saham dibandingkan pekan sebelumnya 15,6 miliar saham.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Investor asing pada akhir perdagangan pekan ini mencatatkan nilai jual bersih sebesar Rp 1,16 triliun, sedangkan sepanjang tahun 2021 investor asing mencatatkan beli bersih sebesar Rp 10,69 triliun.

Baca juga: Hanya Lakukan Penyesuaian, BP Jamsostek Pastikan Tak Tarik Keseluruhan Dana dari Bursa

Dalam sepekan, pasar kedatangan dua perusahaan tercatat baru, yakni PT Sunter Lakeside Hotel (SNLK), dan PT Zyrexindo Mandiri Buana (ZYRX).

SNLK menjadi perusahaan tercatat ke-10 di BEI dan bergerak pada sektor Consumer Cyclicals dengan sub sektor Consumer Services.

Perusahaan Tercatat ke-11 di BEI, ZYRX bergerak pada sektor Technology dengan sub sektor Technology Hardware & Equipment.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.