Mulai Malam Ini, Sistem Transaksi di Tol Kunciran-Serpong Berubah Jadi Tertutup Terintegrasi

Kompas.com - 02/04/2021, 14:07 WIB
Gerbang Tol (GT) Parigi Tol Serpong-Kunciran. Dok. Jasamarga Metropolitan TollroadGerbang Tol (GT) Parigi Tol Serpong-Kunciran.

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Serpong-Cinere Ruas Serpong-Pamulang dan Jalan Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran mulai beroperasional, Jumat (2/4/2021) malam.

PT Marga Trans Nusantara (MTN) selaku anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk pun melakukan perubahan sistem transaksi pada jalan tol tersebut.

Direktur Utama PT MTN Truly Nawangsasi menjelaskan, Jalan Tol Kunciran-Serpong yang semula menggunakan sistem transaksi terbuka proporsional akan berubah menjadi sistem transaksi tertutup terintegrasi.

Baca juga: Gratis Lewat Tol Serpong-Pamulang dan Cengkareng-Kunciran Selama Sosialisasi

 

Perbedaan dari kedua sistem ini dapat terlihat pada cara pengguna jalan dalam melakukan transaksi (tapping).

"Pada sistem transaksi terbuka, pengguna jalan hanya melakukan tapping satu kali di gerbang tol masuk. Sedangkan untuk sistem tertutup, pengguna jalan akan melakukan dua kali tapping yaitu pada gerbang tol masuk dan gerbang tol keluar," ujar Truly melalui keterangan tertulis, Jumat (2/4/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tapping pertama dilakukan untuk mendapatkan data asal gerbang masuk dan golongan kendaraan pengguna jalan yang akan terekam di dalam uang elektronik (saldo tidak terpotong).

Tapping kedua dilakukan di gerbang tol keluar, dengan melakukan tapping uang elektronik yang sama untuk membayar tarif sesuai dengan data gerbang tol masuk (saldo terpotong).

Namun, khusus untuk Gerbang Tol (GT) Kunciran 3 dan GT Serpong 2 yang terintegrasi dengan Jalan Tol Jakarta-Tangerang dan Jalan Tol Serpong-Pondok Aren, pengguna jalan akan melakukan transaksi tarif ruas terintegrasi sekaligus merekam data gerbang tol masuk.

Baca juga: Mulai Besok, Gerbang Tol Akses Keluar Tol Cileunyi Dioperasikan Sementara

Selanjutnya akan melakukan tapping kembali di gerbang tol keluar sesuai tujuan pengguna jalan.

Dengan perubahan sistem transaksi ini, Marga Trans Nusantara akan mengoperasikan GT Parigi dan GT Jelupang yang berada di Simpang Susun (SS) Parigi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.