Api Dikabarkan Kembali Muncul di Kilang Balongan, Ini Kata Pertamina

Kompas.com - 02/04/2021, 14:20 WIB
Pemadaman Kilang Balongan Humas PertaminaPemadaman Kilang Balongan
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Titik api dikabarkan kembali muncul di wilayah Refinery Unit (RU) VI Balongan atau Kilang Balongan PT Pertamina (Persero) pada Kamis (1/4/2021) malam.

Hal itu terlihat dari salah satu unggahan akun Instagram @indramayuterkini, yang menunjukan adanya kobaran api disertai kepulan asep di area Kilang Balongan.

Senior Vice President Corporate Communication & Investor Relation Pertamina Agus Suprijanto mengatakan, saat ini Pertamina masih melakukan proses pendinginan, dan tidak menutup kemungkinan titik api kembali muncul.

"Jika ada titik api yg mungkin muncul kembali memang sudah diantisipasi sebagai bagian dari proses pendinginan," ujar dia dalam keterangannya, Jumat (2/4/2021).

Agus memastikan, pihaknya melakukan pengawasan 24 jam di area Kilang Balongan guna mencegah munculnya kembali titik api.

"Termasuk dari minyak yang kemungkinan masih terperangkap dalam lipatan dinding plat tanki yang telah dipadamkan," kata dia.

Baca juga: Masih Bingung Cara Dapatkan Stimulus Listrik? Simak Cara Klaimnya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Oleh karenanya, ia menegaskan, seluruh peralatan pemadaman termasuk foam untuk mencegah penyebaran api masih berada di sekitar area kilang yang telah beroperasi sejak 1994 itu.

"Mohon dukungan dan doa dari seluruh masyarakat Indonesia agar kami dapat menangani insiden ini hingga benar-benar aman," ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, titik api utama yang berada di 4 tangki penyimpanan Kilang Balongan telah berhasil dipadamkan pada Rabu (31/3/2021) siang.

Pertamina pun mendorong investigasi penyebab kebakaran tangki T-301 di area Kilang Balongan, Indramayu dipercepat.

Hal tersebut selaras dengan penerapan prinsip zero tolerance terhadap setiap insiden yang terjadi di lingkungan Pertamina.

Baca juga: Pertamina Percepat Proses Investigasi Kebakaran Kilang Balongan



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.