[KURASI KOMPASIANA] Menjadi Pribadi Terlalu Baik, Tak Selamanya Baik

Kompas.com - 03/04/2021, 00:43 WIB
Ilustrasi bertamu. PEXELS/RODNAE PRODUCTIONSIlustrasi bertamu.

KOMPASIANA---Pada dasarnya, manusia memiliki hasrat untuk membahagiakan orang lain. Namun sadarkah Anda bahwa hasrat tersebut terkadang tanpa sadar membawa Anda pada perasaan "tidak enakan" atau lebih dikenal dengan "people pleasure"?

Umumnya, pople pleaser datang dari perasaan takut bahwa Anda tidak diterima oleh orang lain jika menjadi diri sendiri sehingga menjadi wajib bagi Anda untuk menyenangkan orang lain.

Meski dipandang baik karena mengedepankan orang lain, namun kebiasaan yang dilakukan terlalu sering dapat membawa dampt negatif bagi kesehatan mental.

Nah, bagi Anda pelaku people pleasure, mulai sekarang hentikan kebiasaan berupaya menyenangkan orang lain dan cobalah untuk berani berkata "tidak".

Berikut 3 konten menarik mengenai people pleasure di Kompasiana:

1. Menjadi Pribadi Terlalu Baik, Tak Selamanya Baik

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mungkin sebagian dari Anda sudah tidak asing dnegan istilah “pasif-agresif"? Ya, pasif-agresif merupakan pengungkapan perasaan kecewa atau marah yang dilakukan secara tersirat alias perilaku ini tidak memiliki keberanian mengeksperesikan emosi negatifnya kepada orang lain.

Kenapa kemudian pola komunikasi ini dikatakan tidak baik?

Karena, tanpa sadar orang-orang dengan pola komunikasi pasif dapat memberikan lampu hijau terhadap orang-orang di sekelilingnya untuk menyepelekan kebutuhan dan keinginan dia sendiri.

Oleh karena itu, gaya komunikasi tersebut perlu diubah dengn gaya yang lebih asertif.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.