Bangga Buatan Indonesia, Ridwan Kamil Ajak Ibu-ibu Belanja Produk UMKM

Kompas.com - 03/04/2021, 12:49 WIB
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat diwawancara Kompas.com di rumah dinasnya di Bandung, Jawa Barat, Senin (11/1/2021). KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOGubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat diwawancara Kompas.com di rumah dinasnya di Bandung, Jawa Barat, Senin (11/1/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengajak ibu-ibu untuk aktif berbelanja produk-produk buatan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Ajakan ini sebagai upaya mendukung pemerintah dalam mendorong program Bangga Buatan Indonesia (BBI).

"Maka saya perintahkan kepada ibu-ibu se-Jawa Barat, tolong belanjanya dimaksimalkan. Kalau ada suaminya protes, nanti bilang, diperintahkan oleh Gubernur Jawa Barat," ujarnya dalam Pembukaan UKM Jabar Paten yang ditayangkan secara virtual, Sabtu (3/4/2021).

Selain itu, ia juga meminta kepada semua tamu pejabat yang hadir dalam acara tersebut, termasuk para kepala dinas Jabar agar rutin mengunggah produk-produk UMKM di media sosial setiap hari.

"Perintah saya kepada semua yang mendengarkan, tolong di media sosialnya, setiap hari posting satu promosi UMKM. Bisa kuliner, bisa sepatu, bisa batik, pas belanja bisa di-posting," imbaunya.

Baca juga: Pilot Batik Air dan Trigana Air Dilarang Terbang Sementara Pasca Insiden Pesawat

Ridwan menjelaskan, Jawa Barat dipilih oleh pemerintah untuk mengampanyekan BBI sepanjang bulan April 2021. Ia juga menyebutkan, sebanyak 15.000 UMKM terpilih akan dipromosikan oleh semua pihak.

Sebagai informasi, program BBI telah dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 14 Mei 2020. Program ini dicetuskan untuk mendorong industri lokal agar bisa menjadi pilar pembangunan nasional. Diharapkan, lewat gerakan ini, Indonesia tidak lagi bergantung pada produk impor.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, Gernas BBI juga bertujuan untuk membangkitkan UMKM serta mengajak masyarakat untuk membeli dan menggunakan produk lokal. Langkah tersebut penting dilakukan guna memberdayakan ekonomi masyarakat dan mendorong roda perekonomian yang menurun akibat pandemi Covid-19.

Baca juga: Cara Menabung Rp 50 Juta dengan Gaji UMP



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X