Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangga Buatan Indonesia, Ridwan Kamil Ajak Ibu-ibu Belanja Produk UMKM

Kompas.com - 03/04/2021, 12:49 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengajak ibu-ibu untuk aktif berbelanja produk-produk buatan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Ajakan ini sebagai upaya mendukung pemerintah dalam mendorong program Bangga Buatan Indonesia (BBI).

"Maka saya perintahkan kepada ibu-ibu se-Jawa Barat, tolong belanjanya dimaksimalkan. Kalau ada suaminya protes, nanti bilang, diperintahkan oleh Gubernur Jawa Barat," ujarnya dalam Pembukaan UKM Jabar Paten yang ditayangkan secara virtual, Sabtu (3/4/2021).

Selain itu, ia juga meminta kepada semua tamu pejabat yang hadir dalam acara tersebut, termasuk para kepala dinas Jabar agar rutin mengunggah produk-produk UMKM di media sosial setiap hari.

"Perintah saya kepada semua yang mendengarkan, tolong di media sosialnya, setiap hari posting satu promosi UMKM. Bisa kuliner, bisa sepatu, bisa batik, pas belanja bisa di-posting," imbaunya.

Baca juga: Pilot Batik Air dan Trigana Air Dilarang Terbang Sementara Pasca Insiden Pesawat

Ridwan menjelaskan, Jawa Barat dipilih oleh pemerintah untuk mengampanyekan BBI sepanjang bulan April 2021. Ia juga menyebutkan, sebanyak 15.000 UMKM terpilih akan dipromosikan oleh semua pihak.

Sebagai informasi, program BBI telah dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 14 Mei 2020. Program ini dicetuskan untuk mendorong industri lokal agar bisa menjadi pilar pembangunan nasional. Diharapkan, lewat gerakan ini, Indonesia tidak lagi bergantung pada produk impor.

Selain itu, Gernas BBI juga bertujuan untuk membangkitkan UMKM serta mengajak masyarakat untuk membeli dan menggunakan produk lokal. Langkah tersebut penting dilakukan guna memberdayakan ekonomi masyarakat dan mendorong roda perekonomian yang menurun akibat pandemi Covid-19.

Baca juga: Cara Menabung Rp 50 Juta dengan Gaji UMP

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com